Senin, 20 Desember 2021 11:32 WIB

Rangking FIFA Timnas Indonesia Melejit

Editor : Yusuf Ibrahim
Timnas Indonesia. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ganyang Malaysia, rangking FIFA Timnas Indonesia melejit.

Minggu (19/12/2021) menjadi momen spesial bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, Skuad Garuda bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan menyingkirkan Malaysia. Hebatnya lagi, peringkat di FIFA ikut naik.

Indonesia memamerkan semangat juang dan kualitasnya saat melawan Malaysia pada laga keempat Grup B di National Stadium, Kallang. Armada Shin Tae-yong menunjukkan kekuatan mentalnya dengan membalikan ketertinggalan 0-1 menjadi kemenangan 4-1.

Berkat kemenangan itu Indonesia lolos ke babak empat besar sebagai juara Grup B dengan 10 poin, hasil tiga menang dan satu imbang tanpa kekalahan. Hasil ini membuat warga Indonesia gembira. Sebab, setelah di edisi 2018 tersisih di penyisihan Grup B, Evan Dimas dkk bisa melaju ke babak gugur lagi.

Ini juga menjaga asa tim Merah Putih untuk meraih gelar perdana di turnamen sepak bola terbesar se-Asia Tenggara itu. Tapi, selain tiket semifinal, ada kado lain lain yang didapat Indonesia. Setelah sukses membantai Malaysia di Piala AFF 2020, ranking FIFA atau peringkat dunia Indonesia ikut naik.

Jika melihat daftar peringkat di situs resmi FIFA untuk November 2021, Indonesia masih menempati posisi 166 dengan total 981,18 poin.

Kabar baiknya, Indonesia membukukan hasil bagus sepanjang November-Desember 2021. Ini membuat tim asuhan Shin Tae-yong itu menambah sekitar 11,13 poin. Ini berdasarkan perhitungan football-rangking.com Tambahan poin itu didapat Indonesia lantaran meraih banyak hasil positif baik saat uji coba maupun di laga resmi.

Indonesia sempat menang 4-1 saat latih tanding kontra Myanmar di laga uji coba. Kemudian belum terkalahkan selama penysihan Grup B Piala AFF 2020. Indonesia mencatat tiga menang dan satu imbang. Rinciannya melibas Kamboja (4-2) dan Laos (5-1). Lalu, imbang (0-0) kontra Vietnam dan mengganyang Malaysia (4-1).

Itu membuat perolehan Indonesia menjadi 992,31 poin. Dengan demikian Evan Dimas dkk secara teknis akan naik ke posisi 164, menggeser Papua New Guinea yang mengoleksi 990,55 poin. Namun, perlu diingat ini hanya perhitungan football-ranking.com, bukan perhitungan resmi FIFA. Tapi, kemungkinannya tidak akan jauh berbeda dari perhitungan resmi FIFA.(kah)


0 Komentar