Kamis, 02 Desember 2021 10:53 WIB

Indonesia Kembali Terima Vaksin Covid-19 Jenis Covovax dari Serum Institute India

Editor : Yusuf Ibrahim
Vaksin Covovax. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Pemerintah Indonesia kembali menerima tahap kedua vaksin Covid-19 jenis Covovax, produksi Serum Institute India.

Vaksin yang dikirim dari Bandara Chattrapaji Shivaji, Mumbai ini dijadwalkan tiba di Tanah Air pada hari ini, Kamis (2/12/2021). Pengiriman vaksin tahap dua ini merupakan upaya KJRI Mumbai dalam mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 sekaligus mewujudkan herd immunity melalui program vaksinasi nasional di Indonesia.

“Jumlah vaksin Covovax dalam pengiriman tahap II adalah 4,865,500 dosis untuk melengkapi total komitmen sejumlah lima juta dosis yang telah difinalisasi antara entitas Serum Institute India dan Indofarma,” sebagaimana dikutip di laman Kementerian Luar Negeri RI (2/12/2021).


Pengiriman dilakukan pada Rabu, 1 Desember 2021 merupakan pengiriman lanjutan setelah pada 26 November 2021 yang lalu, telah dilakukan pengiriman tahap pertama vaksin Covovax dari India ke Tanah Air sebanyak 134,500 dosis.

Vaksin Covovax (COVOVAX: SARS-CoV-2 rS Protein (Covid-19) merupakan vaksin rekombinan spike protein produksi dari Serum Institute India yang telah didaftarkan guna memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional sebagai bagian dari langkah preventif dalam strategi penanganan pandemic Covid-19 di dalam negeri.

Komitmen pemenuhan vaksin Covovax ini dilakukan antara entitas Serum Institute India, sebagai salah satu produser vaksin terbesar di dunia, dengan entitas farmasi.(kah)


0 Komentar