Senin, 01 November 2021 12:57 WIB

Jumlah Mobil Rombongan Biden di KTT G20 Roma Tuai Nyinyiran

Editor : Yusuf Ibrahim
Joe Biden. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Amerika Serikat Joe Biden datang ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia dengan membawa 85 mobil iring-iringan dikutip NY Post.

Besarnya jumlah iring-iringan mobil itu membuat rombongan Joe Biden mudah dikenali. Tidak hanya saat datang ke KTT G20, rombongan besar Presiden Amerika Serikat ke-46 itu juga sangat menonjol ketika datang ke kota suci Kristen Katolik, Vatikan. Saking besarnya jumlah mobil yang digunakan, banyak jalanan langsung terblokade ketika dilewati rombongan Joe Biden.

"Joe Biden datang ke Vatikan dan rombongannya sangat panjang," cuit wartawan Washington Post yang datang meliput KTT G20, Chico Harlan melalui akun twitter miliknya.


Jumlah yang berbeda justru diungkap melalui video POCCNR 1 milik Rusia. Dalam video itu mereka malah menyebut jumlah mobil rombongan Joe Biden mencapai 100 unit.

Rombongan mobil Joe Biden bertolakbelakang dengan pernyataan-pernyataan presiden Amerika Serikat belakangan ini yang mengedepankan kepedulian lingkungan. Penggunaan mobil dengan jumlah besar justru akan berkontribusi cukup tinggi pada pencemaran udara.

"Datang ke lokasi G20 tidak ubahnya seperti ke pameran mobil. Parahnya 50 persen mobil itu semua mesinnya dalam kondisi menyala. Termasuk puluhan mobil dari Presiden Amerika. Absurd sekali," cuit akun twitter Peter Walker, koresponden harian Inggris, The Guardian yang juga datang meliput ke Roma.

Dikutip NYPost, ada kemungkinan masifnya penggunaan mobil yang mengiring-iringi Joe Biden bukan kebijakan Gedung Putih. Pihak pengundang, dalam hal ini Italia, jadi yang paling bertangungjawab untuk penyediaan iring-iringan mobil para pemimpin negara di dunia yang datang ke KTT G20. Termasuk rombongan Joe Biden.(mir)


0 Komentar