Jumat, 08 Oktober 2021 10:14 WIB

Turki Borong 40 Jet Tempur F-16 Buatan Lockheed Martin

Editor : Yusuf Ibrahim
Jet tempur F-16. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Turki telah mengajukan permintaan kepada Amerika Serikat (AS) untuk membeli 40 unit jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin.

Permintaan diajukan setelah Ankara gagal memperoleh jet tempur siluman F-35 dari Washington. Puluhan jet tempur F-16 baru dimaksudkan untuk modernisasi pesawat tempur Turki yang ada.

Kesepakatan, yang bernilai miliaran dollar AS, masih berjalan melalui proses Penjualan Militer Asing yang harus disetujui oleh Departemen Luar Negeri AS serta Kongres AS yang dapat memblokirnya.

Beberapa sumber pemerintah AS, seperti dikutip Reuters, Jumat (8/10/2021), telah berbicara dengan syarat anonim untuk membahas kesepakatan itu.

"Sebagai masalah kebijakan, Departemen [Luar Negeri] tidak mengonfirmasi atau mengomentari penjualan atau transfer pertahanan yang diusulkan sampai mereka secara resmi diberitahukan kepada Kongres," kata Departemen Luar Negeri AS melalui seorang juru bicaranya.

Kedutaan Besar Turki di Washington menolak berkomentar. Ankara telah memesan lebih dari 100 unit jet tempur siluman F-35, yang juga dibuat oleh Lockheed Martin Corp, tetapi pesanan dihapus dari program pada 2019 setelah Ankara mengakuisisi sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.(mir)


0 Komentar