Kamis, 02 September 2021 14:26 WIB

Bidik 1,8 Juta Calon Penerima, Berikut Syarat Penerima Bantuan Subsidi Upah BSU

Editor : Yusuf Ibrahim
Uang rupiah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) terus dicairkan oleh pemerintah yang telah memasuki tahap 4 kali ini.

Dimana subsidi gaji tersebut bakal diguyur kepada 1,8 juta calon penerima. Adapun pencairan bantuan subsidi upah (BSU) diutamakan bagi para pekerja yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Untuk menerima BSU ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para pekerja.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, ada lima syarat yang harus dipenuhi para pekerja untuk menerima BSU. “Syarat penerima Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU). Dengan melihat syarat itu, kira-kira Rekanaker termasuk gak ya?,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan, Kamis (2/9/2021).


Berikut syarat-syarat penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU):

1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan kepemilikan NIK.

2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juni 2021.

3. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4 yang ditetapkan pemerintah.

4. Gaji/Upah paling banyak Rp3,5 juta. Pekerja/Buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi/kabupaten/kota lebih besar dari Rp3.500.000 (tiga juta lima ratus ribu Rupiah) maka persyaratan gaji/upah tersebut paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota yang dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Contoh: upah minimum kabupaten Karawang sebesar Rp4.789.312, maka dibulatkan menjadi Rp4.800.000.
 

5. Sektor prioritas. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, serta perdagangan dan jasa. Kecuali pendidikan dan kesehatan (sesuai kualifikasi data sektoral BPJSTK).

 

0 Komentar