Senin, 24 Mei 2021 09:58 WIB

Khofifah Harap Setiap Obyek Wisata Berikan Signifikansi Pergerakan UMKM

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi produk UMKM. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meresmikan Zona Kreativitas, Inovatif, dan Produktif (KIP) yang ditandai dengan penandatanganan prasasti di Desa Wisata Nangkula Park, Desa Kendal Bulur, Boyolangu, Tulungagung.

Zona KIP diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jatim bekerja sama dengan Yayasan Rumah Kita dan Klinik BUMDes untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). "Zona KIP adalah sesuatu yang dapat menginspirasi bagi BUMDes untuk dapat meningkatkan perekonomian daerah sekitar utamanya dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19," kata Khofifah, Minggu (23/5/2021).

Maka, kata dia, BUMDes yang terus memberikan penguatan melalui zona KIP, diharapkan dapat berkembang pesat. Sebab akan menyuguhkan kreativitas, inovasi dan produktivitas yang selalu baru.

"Kreativitas, inovasi dan produktivitas adalah hal yang unlimited atau tanpa batas. Sehingga akan selalu ada yang baru di setiap waktu. Akan terus ada dinamika jadi jangan pernah berhenti melakukan kreativitas, inovasi dan jangan pernah berhenti untuk terus produktif," tegasnya.

Khofifah menambahkan, bahwa lokasi sentra wisata yang dikelola BUMDes juga menentukan BUMDes tersebut dapat berkembang dengan baik. Ini penting, karena semakin dekat dengan pemukiman warga akan semakin bagus. Karena akan memberikan penguatan kepada masyarakat terdekat.

"Jadi setiap obyek wisata akan memberikan signifikansi terhadap pergerakan UMKM lokal. Disamping itu, juga setiap wisata akan menggerakkan public transportation," imbuhnya.

Lebih lanjut Khofifah menjelaskan, UMKM sendiri merupakan sektor terbesar yang menyumbangkan 60,25% PDRB Jatim. Sedangkan sektor wisata berkontribusi 7,21% pada perekonomian Jatim. "Untuk itu, penguatan sektor wisata, diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat desa dan Jatim," ujarnya.

Nangkula Park adalah salah satu ikon wisata yang dikelola BUMDes Larasati dengan menyuguhkan suasana pedesaan yang cantik dan eksotis. Taman Bunga Celosia yang indah, spot selfie yang penuh dengan filosofi, dan sajian kuliner khas Tulungagung, serta aneka produk UMKM yang inovatif yang dapat menambahkan kenyamanan bagi pengunjung untuk berwisata.
 

Dalam taman tersebut terdapat fasilitas antara lain area parkir yang cukup luas, resto dan VIP Room, spot selfie garuda, taman bunga dan monumen keris, spot gebyok ukir, playground. Sebelum memasuki lokasi desa wisata, para pengunjung diwajibkan cuci tangan terlebih dahulu, di cek suhu tubuh, dan menjaga jarak. Bahkan di depan terpampang pengumuman imbauan untuk melaksanakan protokol kesehatan.(mir)


0 Komentar