Sabtu, 17 April 2021 11:25 WIB

Bos Louis Vuitton Miliki Kekayaan Rp2.489 Triliun

Editor : Yusuf Ibrahim
Bernard Arnault. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menjadi seorang pengusaha fesyen barang mewah akan sulit mencapai titik kesuksesan, karena barang yang dijual tak menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Namun, anggapan itu dibantah oleh Head of Louis Vuitton Bernard Arnault yang kini sukses menjadi orang terkaya ketiga di dunia pada tahun 2021.

Dilansir dari Forbes, saat ini dia memiliki kekayaan sebanyak USD171 miliar atau setara Rp2.489 triliun (mengacu kurs Rp14.609 per USD), USD95 miliar lebih banyak daripada setahun yang lalu. Hasil itu didapatkan dari lonjakan harga saham sebesar 107% dalam harga saham sejak 18 Maret 2020.

LVMH mencatat pendapatan USD16,7 miliar pada kuartal pertama 2021, naik hampir sepertiga dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020, didorong oleh keuntungan besar dari divisi perusahaan yang menjual jam tangan & perhiasan serta barang-barang fesyen dan kulit. 

Arnault, yang berusia 73 tahun, memperoleh sebagian besar kekayaan bersihnya dari 47% sahamnya di LVMH, yang memiliki merek mulai dari Louis Vuitton dan Fendi hingga Belvedere vodka dan sampanye Dom Pérignon. Sisa kekayaannya berasal dari 2% saham di pembuat barang-barang kulit Hermes, 6% saham di raksasa ritel Prancis Carrefour dan sekitar USD1 miliar dalam bentuk tunai dan investasi lainnya.

LVMH turun 25% menjadi sekitar USD343 per saham selama dua minggu pada awal Maret 2020, di tengah kekalahan pasar yang disebabkan Covid, sebelum terus rebound. Pada bulan Juni, saham telah menutup semua kerugiannya. Pada November, saham telah melonjak menjadi USD589, 13% di atas tertinggi sebelum Covid.

Pada bulan Januari, LVMH meraih kemenangan besar ketika akhirnya menutup akuisisi perhiasan ikonik Tiffany & Co. yang telah lama ditunggu-tunggu, dan berjuang keras. Kedua perusahaan tersebut awalnya menyetujui kesepakatan senilai USD16,2 miliar pada November 2019, yang kemudian terurai di tengah pandemi karena LVMH berusaha untuk menunda akuisisi September lalu.

Tiffany menuntut LVMH sebagai tanggapan, yang mengarah ke gugatan balik LVMH, tetapi kedua perusahaan tersebut menyetujui harga yang sedikit lebih murah pada bulan Oktober, menilai Tiffany sebesar USD15,8 miliar. Satu bulan kemudian di bulan Februari, LVMH menandatangani kemitraan dengan Jay-Z untuk membeli 50% merek sampanye milik rapper miliarder Armand de Brignac seharga sekitar USD300 juta.

LVMH terpukul keras oleh penutupan toko di pasar utama seperti China dan Eropa pada awal tahun 2020, tetapi bisnis meningkat pada paruh kedua tahun ini ketika AS dan China pulih, dengan sektor fesyen dan barang-barang kulit perusahaan, termasuk kunci merek Louis Vuitton dan Givenchy, membukukan keuntungan dua digit.

Arnault tidak hanya mengumpulkan kemenangan dengan LVMH. Kantor keluarganya, Financière Agache, juga merupakan mitra di toko ekuitas swasta L Catterton bersama LVMH. L Catterton telah melakukan investasi besar-besaran selama dua belas bulan terakhir, mencapai kesepakatan dalam industri mulai dari perawatan kesehatan hingga pinjaman hipotek.

Salah satu akuisisi terbesarnya terjadi pada Januari dengan pembelian USD3,4 miliar dari sekitar 70% saham di pembuat sandal Jerman Birkenstock, sebuah kesepakatan yang mencetak dua miliarder baru di saudara Alex dan Christian Birkenstock.

L Catterton juga menginvestasikan USD250 juta pada perusahaan teknologi India Jio Platforms, anak perusahaan dari Reliance Industries milik miliarder India Mukesh Ambani, pada bulan Juni dan menempatkan USD400 juta ke operator pelayaran Norwegian Cruise Line pada Mei 2020, taruhan yang terbayar ketika Norwegia membeli kembali obligasi selama lebih dari USD1 miliar bulan lalu. Secara keseluruhan, L Catterton menginvestasikan lebih dari USD2,3 miliar di 20 perusahaan pada tahun 2020 dan mengatakan memperoleh USD4 miliar sebelum pajak dari 12 investasi yang keluar sepenuhnya atau sebagian.

Pada bulan Februari, Arnault juga menginjakkan kakinya ke dalam tren terbaru untuk mengambil alih pasar keuangan ketika dia meluncurkan perusahaan cek kosongnya sendiri dalam kemitraan dengan manajer aset Prancis Tikehau Capital. SPAC baru, dilaporkan bernama Pegasus Eropa, akan terdaftar di Amsterdam, tempat yang sama yang dipilih oleh setidaknya tiga firma cek kosong lainnya sejak 2020.(mir)


0 Komentar