Sabtu, 23 Januari 2021 22:37 WIB

Kapal Perang Jenis Fregat Terbaru Turki F515 Istif (I-Class/Istanbul Class) Siap Untuk Diluncurkan

Editor : A. Amir
Fregat Istif adalah kapal perang jenis Fregat kelas ringan sekelas dengan Fregat FREMM Perancis.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Fregat Istif adalah kapal perang jenis Fregat kelas ringan sekelas dengan Fregat FREMM Perancis. Fregat Terbaru Turki F515 Istif (I-Class/Istanbul Class) Siap Untuk Diluncurkan dengan upacara antara tanggal 23 - 25 Januari 2021.

Fregat I-Class bersama dengan Korvet Ada-Class dan Fregat kelas berat TF2000 Class adalah proyek program Kapal Perang Nasional Turki yang disebut MILGEM. Dipersenjatai dengan Kanon Meriam 76mm, 2 x 25mm Kanon Aselsan STOP, 1 x Kanon Senjata Cepat 2 laras penangkis rudal Aselsan Gokdeniz, 2 × 324 mm (13 inch) Double Torpedo, 16 x Vertical Launch System (VLS) untuk rudal pertahanan udara HISAR-O atau ESSM (Jumlah ini sama banyak dengan yang dipunyai FREMM), 16 X Rudal Anti Kapal Turki Atmaca (Jumlah ini lebih banyak dari Kapal FREMM buatan Perancis dengan hanya 8 rudal Exocet), Chaff/Flare dan sistem elektronik penangkis rudal dan torpedo serta Hangar untuk Helikopter.

Turki berencana menambah 4 Kapal Perang Fregat jenis Istif menyusul 4 Kapal Korvet kelas Ada yang telah masuk jajaran Angkatan Laut Turki. Selain itu juga dipersiapkan secara matang Fregat kelas berat TF-2000 (8 Kapal) dan Milden (Proyek Kapal Selam kelas berat lokal Turki) pada 2023-2030. Pada 2021 ini kita juga akan menyaksikan masuknya Kapal Selam Kelas Reis Type 214 AIP terbaru (Desain dan mesin buatan jerman namun System elektronik dan pembangunan lokal Turki) kedalam jajaran Armada Turki yang direncanakan seluruhnya akan berjumlah 6 Kapal selam baru.

Pada bulan Desember 2020 Ukraina telah menandatangani kontrak untuk pembuatan 4 kapal Perang Fregat jenis I-Class. Dalam perkembangan terbaru pihak STM sebagai pengembang semua proyek kapal MILGEM akan mengganti suku cadang spareparts buatan Amerika menyusul Embargo yang dikenakan AS dan menggantinya dengan suku cadang spareparts buatan lokal Turki. - Wikipedia.


0 Komentar