Selasa, 06 Agustus 2019 18:53 WIB

Megawati Minta Seluruh Anggota dan Kader PDIP untuk Teladani Mbah Moen

Editor : Yusuf Ibrahim
Mbah Moen. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kabar wafatnya KH Maimoen Zubair atau akrab dengan sebutan Mbah Moen sangat mengejutkan semua pihak.

Tak terkecuali bagi Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri. Ketua Umum PDIP itupun merasa sangat berduka atas meninggalnya Mbah Moen. 

”Ketika saya menyampaikan berita duka ke Ibu Megawati Soekarnoputri, beliau nampak begitu berduka, tidak mampu menahan kesedihan mendalam dan langsung mendoakan beliau, memohon kepada Allah SWT agar almarhum husnul khatimah,” ujar Sekjen PDIP, Hasto Kristiytanto, Selasa (6/8/2019).

Megawati pun menceritakan pertemuan terakhirnya dengan Mbah Moen, satu hari sebelum Mbah Moen pergi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Mekkah, yakni pada Sabtu 27 Juli 2019 lalu.

“Dalam pertemuan selama lebih dari dua jam tersebut, Ibu Megawati merasakan bagaimana Mbah Moen tampil dengan penuh kebijaksanaan dan membahas hal-hal fundamental terhadap berbagai persoalan bangsa. Mbah Moen menyatakan komitmennya yang begitu kuat terhadap Pancasila. Tanpa Pancasila tidak ada NKRI,” tutur Hasto menirukan penuturan Mbah Moen kepada Megawati.

Saat itu, kata Hasto, Megawati sudah merasakan bahwa pesan-pesan yang disampaikan sangat khusus. Bahkan Mbah Moen juga menyampaikan wasiat terakhir yang disampaikan oleh beliau dengan disaksikan kedua putra beliau, antara lain Gus Yasin.

Megawati merasakan duka cita mendalam dan sangat kehilangan sosok ulama karismatik yang benar-benar menjadi sumber ketaladan moral tersebut. “Memang Mbah Moen dan Ibu Megawati memiliki hubungan sangat dekat, dan secara periodik mengadakan pertemuan penuh kontemplasi untuk kepentingan bangsa dan bernegara,” tuturnya.

Megawati pun memberikan arahan kepada seluruh anggota dan kader PDIP untuk meneladani sosok Mbah Moen. “Pak Ganjar Pranowo secara khusus diberikan instruksi untuk memberikan penghormatan terbaik di kediaman beliau dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada seluruh ahli waris yang tengah berduka,” pungkas Hasto.(exe)

 

0 Komentar