Senin, 27 Mei 2019 14:55 WIB

Maskapai Diimbau untuk Berikan Tarif Khusus

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Jelang Lebaran, jumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) sudah mulai terlihat mengalami peningkatan.

Dengan peningkatan jumlah penumpang tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan terjadi pula peningkatan jumlah penerbangan di Bandara Soetta.

“Menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2019 ini, telah terjadi peningkatan penumpang sekitar 2 sampai 3%. Untuk itu saya minta petugas di Bandara untuk ekstra kerja keras dan hati-hati agar kegiatan mudik di bandara ini berjalan lancar,” ujar Menhub di Jakarta, Senin (27/5/2019)

Ia menambahkan, tren yang ada dari beberapa hari ini terjadi peningkatan yang semula itu 1300 take off - landing akan menjadi 1470 take off - landing perharinya. Menhub juga menjelaskan, nuansa mudik sudah dapat terlihat dari persentase keterisian jumlah penumpang pesawat dari Jakarta menuju beberapa daerah yang sudah mencapai hampir 100%. 

Sementara sebaliknya, tingkat keterisian penumpang pesawat dari daerah menuju Jakarta berkisar di angka 60%. Untuk meningkatkan okupansi penumpang pesawat dari daerah lain menuju ke Jakarta, Menhub mengimbau maskapai untuk memberikan tarif khusus atau promosi.

"Kekurangan persentase penumpang yang menuju Jakarta tersebut bisa menjadi suatu potensi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan wisata di Jakarta Misalnya. Jadi saya menganjurkan kepada maskapai apakah memberikan tarif khusus atau suatu tiket promosi, sehingga kita harapkan maskapai bisa tetap produktif," lanjutnya. 

Dalam tinjauannya ke Bandara Soetta, Menhub juga melihat pelaksanaan rampcheck yang dilakukan oleh tim Ditjen Perhubungan Udara terhadap pesawat-pesawat yang dilakukan secara acak (random). 

"Rampcheck ini dilakukan secara random, mudik kali ini kita lakukan keseluruhan rampcheck, Alhamdulillah semua pesawat laik untuk terbang. Namun demikian saya mengimbau kepada maskapai dan kepada operator bandara untuk melakukan segala SOP yang ditetapkan oleh Otoritas Bandara dengan baik," kata Menhub.

Selain itu, Menhub bersama Menkes Nila F. Moloek juga meninjau posko kesehatan yang ada di terminal penumpang bandara Soetta. Total posko kesehatan yang tersedia di bandara Soetta yaitu sebanyak 17 posko sedangkan di Bandara Halim Perdana Kusuma berjumlah 2 posko. 

Pos kesehatan tersebut diharapkan dapat membantu siapapun untuk mendapatkan pemeriksaan maupun pengobatan kesehatan. Kemenhub, Kemenkes bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) juga menyelenggarakan tes narkoba terhadap pilot yang dilakukan secara random.(exe)


0 Komentar