Jumat, 02 November 2018 16:24 WIB

LSI Denny JA: PDIP Teratas di DKI, Gerindra Kuasai Jawa Barat

Editor : Rajaman
Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby Saat Memaparkan Hasil Survei (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - LSI Denny JA merilis hasil survei pertarungan partai politik di 10 provinsi terbesar di Indonesia. 

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby pun memaparkan hasil survei di beberapa provinsi yakni DKI Jakarta dan Jawa Barat. Dari hasil survei tersebut, PDIP menjadi partai teratas di DKI Jakarta yang memiliki jumlah pemilih sekitar 7 juta dengan perolehan dukungan dari masyarakat sebanyak 23,1 persen. 

"Di DKI Jakarta hasil survei kami partai yang menduduki urutan pertama yaitu PDIP sebanyak 23,1 persen, sedangkan Gerindra 17,1 persen berada di urutan kedua," kata Adjie saat jumpa pers dengan tema "Pertaruangan Partai Politik di 10 Provinsi Terbesar" di Kantor LSI, Rawamangun, Jumat (2/11/2018).

Selain itu 4 partai lainnya yakni PKS, Golkar, Demokrat dan PPP masuk dalam posisi 6 besar. "PKS 6,2 persen, Golkar 4.3 persen, Demokrat 3 persen dan PPP 3 persen," jelasnya. 

Berbanding terbalik dengan perolehan di DKI Jakarta, untuk wilayah Jawa Barat Partai Gerindra memiliki jumlah pemilih terbesar yakni sekitar 31 juta. 

Partai besutan Prabowo Subianto itu memperoleh dukungan 20,2 persen. "Gerindra urutan pertama sebesar 20,2 persen di Jawa Barat kemudian ada PDIP di urutan kedua 17,8 persen," ujarnya. 

Sementara 3 partai lainnya seperti Golkar, PKS, dan PPP berturut-turut mengekor di belakang kedua partai tersebut. "Golkar 11,3 %, PKS 6,0 % dan PPP 4,7 %," pungkasnya. 

Survei itu dilakukan pada tanggal 4 hingga 14 Oktober 2018 dengan jumlah responden sebanyak 600 orang setiap provinsi dan margin of error +/- 4,1 persen. 


0 Komentar