Selasa, 09 Oktober 2018 11:34 WIB

Kabupaten Wajo Diguncang Gempa 4,2 SR

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gempa bumi tektonik berkekuatan M=4.2 SR mengguncang wilayah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Selasa tanggal 9 Oktober 2018 pukul 09:03 Wita.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter 3.82 LS- 120.23 BT sekitar 23 km Tenggara Sidrap, Sulsel, dan tidak berpotensi tsunami. 

Gempabumi ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae di wilayah Wajo-Sulawesi Selatan. Berdasarkan laporan masyarakat, dampak gempabumi berupa goncangan dirasakan di wilayah Palopo, Siwa dan Sengkang. 

“Hingga laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” kata Plt Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman dalam siaran persnya. 

Dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempa dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II-III MMI di Palopo, Siwa dan Sengkang serta daerah sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. 

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.(exe/ist)


0 Komentar