Sabtu, 29 September 2018 03:50 WIB

BI prediksi pertumbuhan ekonomi RI 2018 tak capai 5,2 persen

Editor : A. Amir
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai akhir tahun nanti akan berada di bawah level 5,2 persen. Angka ini lebih rendah dari asumsi dasar pemerintah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yang diperkirakan sebesar 5,4 persen.

"Jadi kan begini diperkirakan antara 5 sampe 5,4 persen tahun ini. Kemungkinan akan sedikit di bawah 5,2 persen seperti itu," kata Perry saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (28/9).

Perry mengatakan, berdasarkan beberapa metode pengukuran, sebetulnya pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,6 persen atau bahkan 6 persen hingga akhir tahun.

"Tergantung metodenya, kalau seperti filtering segala macem itu kurang lebih potensial output kita 5,6 persen. Tapi kalau berdasarkan production function bisa sampai 6 persen. Jadi kalau pertumbuhan ekonomi 5,2 itu masih dibawah pertumbuhan yang potensialnya," jelas Perry.

Perry menilai, pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah dari potensinya tersebut, menjadi penyebab rendahya indeks harga konsumen (IHK). Berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) pada minggu keempat September 2018 telah terjadi deflasi sebesar 0,06 persen secara month to month (mtm). Sedangkan secara secara year on year (yoy) mencapai 3,02 persen.

"Itu kenapa meski permintaan naik, tapi kapasitas produksinya itu mencukupi sehingga kenaikan permintaan tidak timbulkan tekanan pada harga-harga," pungkas Perry.


0 Komentar