Jumat, 20 Juli 2018 11:36 WIB

Bank Indonesia Perluas Akses UMKM

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur BI, Perry Warjiyo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bank Indonesia (BI) menyatakan, pameran "Karya Kreatif Indonesia-Pameran Kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia” tidak saja untuk mengangkat karya kreatif dan UMKM binaan BI kepada masyarakat luas, tetapi juga mendorong perluasan akses mereka ke pasar nasional dan bahkan global.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan tema pameran kali ini yaitu “Sinergitas Pengembangan Karya Kreatif Indonesia Menembus Pasar Global”.

"Pada waktu menghadiri Pameran Karya Kreatif Indonesia tahun 2017 yang lalu, Ibu Negara memberikan arahan kepada kami untuk terus mendorong munculnya pelaku usaha muda kreatif yang dapat menjadi motor penggerak ekonomi daerah, memperluas akses pasar termasuk ekspor, menciptakan pengusaha wanita yang tangguh, serta mengangkat citra budaya daerah," ujarnya di Jakarta, Jumat (20/07/2018).

Menindaklanjuti arahan Ibu Negara tersebut, Bank Indonesia melalui program UMKM unggulan telah mendorong terciptanya usaha kreatif yang mengangkat budaya daerah dan melebarkan sayapnya dari pasar lokal dan nasional ke pasar global.

"Untuk mendorong terciptanya usaha kreatif yang mengangkat budaya daerah, Bank Indonesia juga menjalin sinergi dengan berbagai pihak. Salah satu contoh kerja sama antara lain dengan Badan Ekonomi Kreatif dalam program Inovatif dan Kreatif Melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON)," katanya.

Kerja sama tersebut dilaksanakan bersama KOPPIKON (Koperasi Karya IKKON Bersama) di Banyuwangi yang mampu mengidentifikasi keunikan daerah, sehingga tercipta suatu desain yang diaplikasikan oleh pengrajin UMKM Bank Indonesia dan hasilnya dapat kita saksikan di pameran kali ini.

Untuk mendorong UMKM masuk ke pasar global, BI menempuh tiga pendekatan, yaitu  UMKM langsung memasarkan produknya kepada pembeli luar negeri, menghubungkan UMKM dengan pelaku usaha lebih besar (eksportir) dan menghubungkan UMKM dengan desainer yang telah memiliki pasar internasional. 

"Sebagaimana yang akan kita saksikan pada video testimoni UMKM yang sebentar lagi akan diputar, produk UMKM kreatif menyimpan potensi untuk menembus pasar global. Negara tujuan pemasaran produk-produk tersebut pun bervariasi, tidak hanya di Asia, tetapi juga Ke Eropa, Timur Tengah, serta Amerika," pungkasnya.(exe/ist)


0 Komentar