Senin, 09 Juli 2018 16:53 WIB

Tik Tok Janji akan Buat Program-program untuk Dorong Kreativitas dan Pembuatan Video Positif

Editor : Yusuf Ibrahim
Ketua KPAI, Susanto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Perwakilan manajemen aplikasi Tik Tok bertemu dengan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). 

Tik Tok berjanji akan melakukan perbaikan terkait perlindungan anak dari konten negatif. Dalam pertemuan, Ketua KPAI, Susanto, menyampaikan pihaknya menyayangkan adanya konten negatif pada aplikasi Tik Tok, khususnya yang baru-baru saja terjadi di Indonesia.

Pemblokiran Tik Tok yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informasi menjadi langkah tepat sebagai pembelajaran. 

"Hal ini harus menjadi pembelajaran untuk perbaikan sistem Tik Tok yang ramah anak. KPAI memandang penting bertemu dengan Tik Tok, sebagai langkah awal untuk melakukan pengawasan terhadap konten dalam platform Tik Tok menuju perbaikan dan inovasi sistem dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip perlindungan anak," ujar Susanto dalam jumpa pers di Kantor KPAI Jl. Teuku Umar Jakarta Pusat, Senin (09/07/2018). 

Susanto mengatakan, perwakilan Tik Tok telah memberi penjelasan terkait ramainya konten negatif yang beredar. Tik Tok berjanji melakukan perbaikan untuk perlindungan anak. 

"Kami berharap manajemen Tik Tok berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan maksimal terkait dengan perlindungan anak dari konten negatif termasuk pornografi, sadisme, SARA, bully, radikalisme dan konten negatif lainnya sesuai dengan regulasi yang ada di Indonesia," kata Susanto.

"Tik Tok sepakat dan berkomitmen untuk mengikuti seluruh regulasi yang ada di Indonesia, serta komitmen untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada anak dan seluruh masyarakat Indonesia tentang perlindungan anak dari konten negatif," lanjutnya. 


Sementara itu, Local Manager Tik Tok Dina mengatakan, aplikasi mereka dilengkapi dengan teknologi yang dapat melindungi pengguna dari konten negatif. Aplikasi asal China itu juga mendukung KPAI dalam upaya perlindungan anak. 

"Ke depannya Tik Tok akan membuat program-program kerja sama untuk mendorong kreativitas dan pembuatan video positif untuk para pengguna di platform kami. Kami mempunyai beberapa teknologi yang sudah ada di aplikasi kami yang dapat mem-filter konten-konten negatif tersebut. Kami gunakan untul memastikan konten-konten negatif tersebut dapat berkurang," kata Dina. 


0 Komentar