Kamis, 28 Juni 2018 13:11 WIB

Menteri Perdagangan : Indonesia Meningkatkan Kemitraan Ekonomi dengan Tunisia

Editor : Amri Syahputra
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memimpin misi perdagangan Indonesia ke Tunisia untuk mencoba dan meningkatkan kemitraan ekonomi antara kedua negara.

Misi perdagangan mengorganisir sebuah forum bisnis untuk mendorong perdagangan, investasi dan kemitraan ekonomi antara Indonesia dan Tunisia. Forum ini dihadiri oleh Menteri Perdagangan Tunisia Omar Behi dan berbagai pengusaha.

"Di tengah ketidakpastian ekonomi global, ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dengan negara-negara Afrika, khususnya Tunisia," kata Enggartiasto pada hari Rabu.

Dia menggarisbawahi pentingnya Asia dan Afrika dalam ekonomi dunia karena benua mewakili 38 persen dari produk domestik bruto global (PDB), 76 persen dari populasi dunia, 44 persen dari ekspor dunia, 41 persen impor dunia dan 35 persen dari investasi asing langsung.

Enggartiasto mengatakan Indonesia, negara terbesar di Asia Tenggara, adalah mitra yang baik bagi Tunisia untuk memperluas pasar mereka ke Asia Timur, sementara Tunisia adalah lokasi yang strategis dan dapat berfungsi sebagai pintu gerbang bagi Indonesia untuk memperluas perdagangan ke Eropa Timur, Timur Tengah dan Afrika.

Di forum bisnis, ia mempromosikan produk minyak sawit Indonesia dan Pameran Perdagangan Indonesia ke-33, yang akan diselenggarakan dari 24 hingga 28 Oktober.

Menteri percaya bahwa kelapa sawit memiliki peluang pasar yang besar di Tunisia karena digunakan dalam berbagai produk, termasuk kosmetik, kebutuhan sehari-hari rumah tangga, serta makanan dan minuman.

"Forum ini akan menjadi langkah awal untuk meningkatkan perdagangan, investasi dan kemitraan ekonomi lainnya antara kedua negara," tambahnya.


0 Komentar