Selasa, 12 Juni 2018 17:26 WIB

Warga Jakarta Menghasilkan Banyak Sampah Sepanjang Bulan Ramadhan

Editor : Amri Syahputra
TPA Bantar Gebang, Bekasi.

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Badan Lingkungan Hidup Jakarta mencatat bahwa jumlah sampah yang dihasilkan oleh orang Jakarta meningkat 4 persen selama Ramadhan.

Kepala Badan Isnawa Adji mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dari Januari hingga Mei tahun ini, agensi tersebut mengangkut 7,710 ton sampah setiap hari ke TPA Bantargebang di Bekasi, Jawa Barat.

“Angka itu naik menjadi rata-rata 7.999 ton setiap hari sejak awal Ramadhan. Ini adalah peningkatan sekitar 289 ton per hari, ”katanya.

“Peningkatan ini karena perubahan dalam pola konsumsi orang-orang. Mereka cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan selama berbuka puasa dan sahur, ”tambahnya.

Sebagian besar kelebihannya adalah limbah domestik, seperti makanan, buah, sayuran, dan sampah plastik.

“(Jumlah sampah) biasanya mulai berkurang seminggu sebelumnya dan setelah Idul Fitri. Banyak orang meninggalkan kota untuk mudik (eksodus), ”kata Isnawa.

Angka itu akan naik lagi dan mencapai puncaknya tujuh sampai 10 hari setelah perayaan Idul Fitri ketika orang mulai berbondong-bondong kembali ke kota.

Sekitar 15 persen pekerja yang terlibat dalam pengangkutan sampah sedang cuti untuk Idul Fitri, tetapi Insawa mengatakan "Saya jamin bahwa mereka akan bekerja secara optimal segera setelah perayaan Idul Fitri berakhir."


0 Komentar