Rabu, 06 Juni 2018 10:26 WIB

Gunung Berapi Fuego di Guatemala Erupsi Kembali, CONRED Perintahkan Evakuasi

Editor : Amri Syahputra
Erupsi Gunung Berapi

Kota Guatemala, Tigapilarnews.com _ Gunung api Fuego di Guatemala meledak lagi pada hari Selasa, mengirim pekerja penyelamat berebut tempat berlindung di bawah puncak merokok, karena korban tewas dari letusan akhir pekan naik menjadi setidaknya 72.

Badan bencana nasional CONRED memerintahkan evakuasi dan mengatakan bahwa gas panas dan batuan cair mengalir dari gunung berapi, yang menghasilkan letusan terbesar dalam lebih dari empat dekade pada hari Minggu, menghujani abu di area yang luas dan mengirimkan aliran lava melalui kota-kota terdekat.

Sebelum evakuasi diperintahkan, pihak berwenang mengatakan jumlah korban tewas telah meningkat menjadi setidaknya 72, tiga lebih tinggi dari pada hari Senin.

Volcan de Fuego, yang berarti "Gunung Api Api" dalam bahasa Spanyol, adalah salah satu dari beberapa gunung berapi aktif di antara 34 di negara Amerika Tengah. Itu terletak di dekat kota kolonial Antigua, situs warisan dunia UNESCO yang telah selamat dari beberapa letusan besar.

Kegiatan terbaru sebagian besar berada di sisi jauh gunung berapi, menghadap pantai Pasifik.

Letusan pada hari Minggu mengirim kolom abu dan asap 6,2 mil (10 km) ke langit, debu beberapa daerah dengan abu. Ribuan orang telah dievakuasi, kata CONRED.


0 Komentar