Selasa, 29 Mei 2018 16:26 WIB

Indonesia Optimis Dapatkan Kursi Tidak Tetap di Dewan Keamanan PBB

Editor : Amri Syahputra
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Menteri Luar Negeri Retno Marsudi diatur untuk melobi lebih banyak negara untuk memilih Indonesia dalam kampanyenya untuk kursi tidak tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menjelang pemungutan suara yang akan berlangsung minggu depan.

Retno mengatakan dia akan menuju New York lagi pada hari Minggu, beberapa hari sebelum hari pemungutan suara pada 8 Juni.

"Pada tanggal 4 (Senin) akan ada resepsi diplomatik di markas besar PBB, sementara pada tanggal 5, 6 dan 7 saya masih memiliki kesempatan untuk melakukan lobi lebih jauh sebelum hari pemungutan suara," katanya kepada wartawan di sela-sela iftar ( breaking-of-the-fast) acara di Kementerian Luar Negeri pada hari Senin.

Dalam dua minggu terakhir, Retno telah mengunjungi New York, Guyana, Argentina dan Peru dan menghadiri forum, di mana dia juga berbicara tentang kampanye Indonesia untuk kursi itu.

Retno mengungkapkan optimismenya, mengandalkan rekam jejak dan kontribusi Indonesia untuk perdamaian dunia. “Semoga dengan semua kontribusi yang terdokumentasi dengan baik, itu akan menjadi alasan mengapa negara-negara memilih Indonesia,” katanya.

Dia mengatakan jika Indonesia memperoleh kursi, itu akan memprioritaskan kontribusi untuk perdamaian, termasuk dalam operasi perdamaian, mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan mendorong lebih banyak kerja sama untuk menyelesaikan kejahatan terorganisir transnasional.


0 Komentar