Selasa, 29 Mei 2018 14:15 WIB

Ekonomi Digital, Indonesia Menyambut Baik Inisiatif APEC Dalam Inklusivitas

Editor : Amri Syahputra
Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo.

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Pertemuan para menteri baru-baru ini dari negara-negara Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) di Port Moresby, Papua New Guinea (PNG), menyoroti optimalisasi teknologi dan pentingnya inklusivitas dalam pertumbuhan ekonomi.

Pertemuan tersebut menghasilkan berbagai perjanjian, termasuk memperluas akses untuk semua lapisan masyarakat di kawasan Asia-Pasifik untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi dan perdagangan, mengoptimalkan penggunaan teknologi digital, internalisasi usaha mikro dan kecil dan menengah (UKM), meningkatkan konektivitas di kawasan, serta menciptakan pertumbuhan inklusif dan berkelanjutan.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo, yang menghadiri pertemuan untuk mewakili Menteri Enggartiasto Lukita, mengatakan bahwa Indonesia menyambut inisiatif APEC dan menekankan pentingnya inklusivitas dalam pertumbuhan ekonomi.

“Perkembangan internet dan teknologi digital telah mengubah pola aktivitas global, termasuk perdagangan. Kami ingin seluruh Indonesia menikmati sebanyak mungkin manfaat ekonomi karena perubahan ini dapat mendorong distribusi kesejahteraan yang setara, ”kata Iman dalam sebuah pernyataan baru-baru ini.

Dia mengakui bahwa ekonomi digital merupakan tantangan dan peluang bagi semua negara APEC.

“Indonesia sadar akan fenomena ekonomi berbasis digital. Ke depan, kami ingin menyiapkan berbagai kebijakan yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga memberikan kepastian dan keamanan, ”kata Iman.

Pertemuan tersebut juga membahas integrasi ekonomi regional melalui pembentukan Kawasan Perdagangan Bebas Asia Pasifik (FTAAP). Negara-negara anggota masih mendiskusikan beberapa masalah seperti tarif, layanan, investasi, perdagangan digital dan mikro dan UKM, di antara topik lainnya.


0 Komentar