Rabu, 02 Mei 2018 09:26 WIB

PM Jepang Temui Presiden Palestina di Ramallah

Editor : Amri Syahputra
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kiri) bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas (kanan)

Ramallah, Tigapilarnews.com _ Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas pada hari Selasa di kota Ramallah, Tepi Barat.

Abe tiba di Ramallah setelah kunjungannya ke Yordania sebagai bagian dari kunjungan yang lebih luas ke Timur Tengah untuk meningkatkan hubungan energi dan keamanan Tokyo.

Menurut kantor berita Palestina Wafa, Abbas menekankan pihak Palestina siap untuk bekerja sama untuk keberhasilan upaya internasional dengan proses politik berdasarkan resolusi PBB dan prinsip solusi dua negara.

Abbas dilaporkan menyerukan peran politik yang lebih besar bagi Jepang secara proporsional dengan ukuran politik dan ekonomi yang penting di tingkat internasional, terutama setelah ia memilih untuk menerima Palestina sebagai pengamat non-anggota di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Perdana Menteri Jepang pada gilirannya menegaskan dukungan negaranya untuk solusi dua negara dan kesiapannya untuk berkontribusi pada setiap upaya untuk mencapai perdamaian.

Abe mengatakan bahwa negaranya tidak berencana untuk memindahkan kedutaannya di Israel ke Yerusalem.

Pertemuan itu berlangsung sehari setelah Abbas menyampaikan pidato yang dikritik secara luas di mana dia mengatakan bahwa orang Yahudi di Eropa dibantai berabad-abad karena "perilaku sosial mereka terkait dengan riba dan bank."

Abbas membuat pernyataan dalam pidato pada hari Senin di awal pertemuan Dewan Nasional Palestina, badan PLO teratas yang bersidang di Ramallah pekan ini untuk memilih anggota untuk dua lembaga PLO lainnya.

Abe diperkirakan akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pejabat senior lainnya di Yerusalem pada hari Rabu.


0 Komentar