Selasa, 27 Februari 2018 11:21 WIB

Jokowi dan Anies Satu Mobil Saat Memeriksa Tempat Asian Games

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dalam kejadian langka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di mobil yang sama dengan dua pejabat tinggi yang memeriksa desa atlet tersebut dan menuju ke tempat-tempat Asian Games 2018 yang akan datang pada hari Senin.

Anies, secara luas dilihat sebagai saingan potensial Jokowi dalam pemilihan presiden 2019, baru-baru ini dilarang bergabung dengan rombongan Jokowi ketika mantan gubernur DKI Jakarta tersebut akan memberikan piala kepada pemain Persija Jakarta, yang memenangkan turnamen sepak bola Piala Presiden setelah mengalahkan Bali United di final kompetisi yang diprakarsai dan dilindungi oleh Jokowi.

Sebuah video tentang kejadian tersebut menyebar ke media sosial dan memicu perdebatan mengenai apakah ini mencerminkan hubungan berbatu antara kedua politisi tersebut.

Anies, yang mengalahkan sekutu dekat Jokowi, Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama pada putaran kedua pemilihan gubernur Jakarta tahun lalu, dikeluarkan oleh Jokowi dari jabatannya sebagai menteri kebudayaan dan pendidikan selama perombakan pada tahun 2016.

Anies pernah menjabat juru bicara Jokowi dalam pemilihan presiden 2014.

Pada hari Senin, Anies duduk dengan Jokowi di kursi belakang mobil dinas Presiden, sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Basuki Hadimuljono duduk di kursi depan di sebelah sopir.

"Memang, kami duduk di mobil yang sama Kami berbicara tentang banyak hal tapi umumnya kami membicarakan tentang persiapan Asian Games," kata Anies kepada wartawan di Hotel Aryaduta di Jakarta Pusat, Senin. Dia menambahkan bahwa Presiden memberikan umpan balik positif mengenai keseluruhan kemajuan sebelum dimulainya acara olahraga bergengsi quadrennial.

Anies mengatakan bahwa tidak ada yang politis mengenai pertemuannya dengan Jokowi, meskipun terjadi di tengah spekulasi mengenai siapa yang akan dipilih Jokowi sebagai calon pasangannya untuk pemilihan presiden 2019.


0 Komentar