Jumat, 02 Februari 2018 14:06 WIB

Perusahaan Rokok Keluarkan Rp 5,4 Triliun Untuk Iklan

Editor : Amri Syahputra
Iklan Rokok

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Perusahaan analisis data Nielsen Indonesia telah menyatakan bahwa perusahaan rokok menghabiskan sekitar Rp 5,4 triliun (US $ 378 juta) untuk iklan, dari total pengeluaran iklan sebesar Rp 145 triliun di seluruh industri pada tahun 2017.

Direktur eksekutif riset media Nielsen Indonesia Hellen Katherina mengatakan bahwa pengeluaran iklan perusahaan tembakau turun sebesar 17 persen dibandingkan tahun 2016, meskipun ada peningkatan 8 persen dalam total pengeluaran iklan untuk berbagai produk.

Sementara itu, perusahaan televisi menerima 80 persen dari anggaran iklan perusahaan tembakau, atau meningkat 12 persen dari tahun sebelumnya, namun pengeluaran iklan untuk media cetak mengalami penurunan.

Hellen mengatakan bahwa produk barang-barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG) terdiri dari sebagian besar pengeluaran iklan, dengan produk perawatan pribadi memenuhi daftar pembelanja.

Iklan untuk produk perawatan pribadi mencapai Rp 24,9 triliun, diikuti oleh minuman (Rp 21,6 triliun) dan makanan (Rp 19,1 triliun), tambahnya.

Perusahaan telekomunikasi dan properti memiliki anggaran iklan terbesar dalam kategori non-FMCG, masing-masing Rp 13,3 triliun dan 4,1 triliun.


0 Komentar