Kamis, 21 Desember 2017 16:29 WIB

Kapolda Sumut Pimpin Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2017

Editor : A. Amir

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw yang didampingi Irwasda Polda Sumut dan para PJU Polda Sumut  Kamis(21/12/2017) pukul 11.00 Wib di Lapangan KS Tubun Polda Sumut.

Turut hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sumut diwakili PL Sekda, Bp Naufal Mahyar; Pangkosek Hanudnas III, Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, MM, M.Tr; Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, SE, MM; Danlantamal I diwakili Wadanlantamal, Kolonel Mar. Imade Wahyu Santoso ; Ketua Pengadilan Tinggi Negeri, Mangasa Manurung, SH, MH; Kasdam I/BB, Brigjen TNI Teuku Beny Firmansyah; Danlanud Soewondo, Kolonel (Pnb) Daan Sulfi, S.Sos, M.Si; Kepala Kantor Basarnas Sumut, Budiawan, S.Sos, M.Si; KBNN Prov. Sumut diwakili Kabid Pemberantasan, AKBP Agus Halimudin; Walikota Medan diwakili Wakil Walikota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si; Kepala BPBD Prov. Sumut diwakili Sektretaris BPBD, Ibu Dr. Saberina, MARS; Tokoh agama, tokoh pemuda, ormas dan para undangan.

Personil yang terlibat dalam gelar pasukan meliputi Pama Jajaran Polda Sumut; Gabungan Pom/Provost; Gabungan TNI; Brimob; Gabungan Sabhara Polda, Dit Polair dan Sabhara Polrestabes Medan; Gabungan Sabhara, Polsek Resta Medan dan Belawan; Gabungan Dit Lantas dan Sat Lantas Polrestabes Medan; Gabungan Reskrim, Intelkam, Narkoba, dan Polrestabes Medan; Gabungan Dishub kota Medan, Satpol PP kota Medan dan Dinas Damkar dan Basarnas; Gabungan Pam Swakarsa dan organisasi kepemudaan dimana masing-masing sebanyak 1 SSK(Satuan Setingkat Kompi).

Kapolda Sumut dalam kesempatan ini membacakan amanat Kapolri setelah sebelumnya melakukan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita tanda dimulainya Operasi Lilin Toba 2017 yang dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018.

Kapolda Sumut menjelaskan apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan personel pengamanan lintas sektoral berikut sarana dan pra sarana pendukungnya, dan Operasi Lilin Toba 2017 ini mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelejen dan penegakkan hukum.

Kapolri dalam amanat yang dibacakan oleh Kapolda Sumut meminta personil untuk melakukan pemetaan terhadap seluruh potensi kerawanan di masing-masing dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang, tingkatkan kewaspadaan terhadap teror dan kejahatan konvensional di pusat keramaian dan tempat lain dan lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh ormas.

“Optimalkan penggelaran personel berseragam di tengah-tengah masyarakat, lakukan rekayasa lalu lintas dan upaya-upaya dalam mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Maksimalkan juga peran Satgas Pangan di masing-masing daerah, guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait, dan perkuat sinergitas polisional dengan seluruh stake holders , untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas Kapolda Sumut (ms)


0 Komentar