Kamis, 21 Desember 2017 09:54 WIB

Polda Sumut Siapkan 7.740 Personil Gabungan Pengamanan Natal Dan Tahun Baru

Editor : Amri Syahputra
Personil gabungan pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 Sumut

Medan,Tigapilarnews.com -  Dalam rangka menyambut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.Kesiapan Polda Sumut dan jajaran didukung TNI dan mitra Kamtibmas menyelenggarakan kegiatan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi ‘Lilin Toba 2017’.

Operasi ini dilaksanakan selama 10 hari dengan mengedepankan Satgas Turbinjali, Satgas Kamseltibcar Lantas dan Satgas Lidik Sidik didukung Satgas Banops guna mewujudkan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang kondusif, sehingga masyarakat Sumut dapat merayakan dengan rasa aman dan nyaman.

Operasi Lilin Toba 2017 ini, Polda Sumut melibatkan 7.740 personil terdiri dari 593 personil Polda dan 7.147 personil dari polres jajaran. Lalu, akan ada bantuan instansi lain, seperti 334 personil TNI, 280 personil pemadam kebakaran, 130 personil Dinas PU, 440 personil Satpol PP, 550 personil Dinas Perhubungan, 60 personil Dinas Kesehatan dan  220 personil Pramuka.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting, melalui Kasubbid Penmas, AKBP MP Nainggolan, mengatakan Operasi Lilin Toba 2017 dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018 dan gelar pasukan akan dipimpin Kapolda Sumut.

“Selain memberi rasa aman kepada warga, Operasi Lilin Toba 2017 bertujuan untuk mewujudkan situasi dan kondisi Kamtibmas yang aman, kondusif dan terkendali sebelum, pada saat dan pasca Natal 2017 dan Tahun Baru 2018,” ujar MP Nainggolan.

Dikatakan Nainggolan, sasarannya meliputi segala bentuk Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG) dan Gangguan Nyata (GN) baik sebelum, pada saat maupun pasca Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, dengan daerah operasi meliputi seluruh wilayah Sumatera Utara. “Target operasi meliputi gereja dan tempat lain yang digunakan untuk perayaan Natal, pusat pusat perbelanjaan Mall, Pasar, Supermarket, Perbankan (tempat lain yang berkaitan dengan transaksi keuangan, Pegadaian, Money Changer dll), pemukiman warga, tempat rekreasi, wisata,mudik, terminal bus,laut dan udara dan obyek pergantian Tahun Baru, tempat rawan kriminalitas, Rusmas, perkelahian kelompok antar kampung dan rawan teror di kota kota besar di Sumut,” urainya.

Disebutkannya, Polda Sumut dalam rangka operasi tersebut melibatkan giat intelijen dengan tindakan lidik, pamgal dengan langkah langkah deteksi, identifikasi dan penilaian guna memperoleh baket tentang faktor faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya Guankamtibmas pada perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Kemudian personil akan melaksanakan Pam di tempat Ibadah (gereja) dan lokasi wisata,rekreasi, melaksanakan giat Kamseltibcar Lantas, melaksanakan gakkum terhadap segala bentuk tindak pidana, menyiapkan Pospam 103 lokasi dan Posyan 32 lokasi di tempat tempat Ibadah.

“Personil juga akan ditempatkan di lokasi keramaian umum, pusat perbelanjaan dan tempat wisata,rekreasi maupun jalur mudik dan arus balik. Dukungan Anggaran dalam Operasi Lilin Toba 2017 menggunakan Dipa Biroops Ta 2017, sedangkan untuk Polres/tabes menggunakan anggaran yang bersumber dari Dipa Satwil masing masing.0 Sembiring


0 Komentar