Senin, 18 Desember 2017 18:56 WIB

Persiapan Angkutan Natal Sudah Bagus

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi PT Kereta Api Indonesia (Persero). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro, menilai persiapan menyambut masa angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di sejumlah Daerah Operasi sudah berjalan cukup bagus.

"Hanya saja memang cuaca saat ini kurang bersahabat. Intensitas hujan cukup tinggi sehingga fokus kami memperhatikan daerah-daerah rawan seperti rawan longsor, rawan ambles, rawan banjir," katanya di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah, Senin 918/12/2017) sore.

Edi mengatakan hal itu kepada wartawan di sela pantauan persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru di wilayah PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto bersama Direksi PT KAI Persero dan sejumlah pejabat Direktorat Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Dalam hal ini, pantauan terbagi atas dua rombongan, masing-masing memantau jalur rel lintas selatan dan jalur rel lintas utara.

Terkait dengan sejumlah titik rawan, Edi mengatakan pihaknya telah meminta seluruh Kepala Daop untuk memberikan perhatian khusus dan antisipasi sehingga pelaksanaan operasi angkutan Natal dan Tahun Baru bisa berjalan dengan baik serta tidak mengalami gangguan.

"Kalau untuk Daerah Operasi 5 ini hampir rata-rata sudah diantisipasi," katanya.

Disinggung mengenai sejumlah kejadian longsor di wilayah PT KAI Daop 2 Bandung, dia mengakui jika di wilayah Daop 2 cukup banyak terdapat titik rawan.

Akan tetapi, kata dia, pihaknya dapat segera mengatasi titik-titik rawan di wilayah PT KAI Daop 2 Bandung.

"Dan sekarang, kami sudah dibuatkan posko atas bantuan Pak Direktur Keselamatan (Direktur Keselamatan Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam, red.)," katanya.

Sementara itu, Direktur Keselamatan Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam mengatakan secara keseluruhan, pihaknya telah melaksanakan "ram check" atau inspeksi untuk kelaikan sarana dan prasarana perkeretaapian sebelum angkutan Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, kata dia, beberapa daerah rawan longsor juga telah ditangani dan sudah dibentuk daerah rawan. "Semua Daop kami bentuk posko daerah rawan," katanya.(ant)


0 Komentar