Senin, 20 November 2017 20:47 WIB

Sandi Gandeng KAI Rapikan Tanah Abang

Editor : Yusuf Ibrahim
Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana melibatkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam penataan kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

"Rencananya, kami akan bekerja sama dengan PT KAI untuk menata kawasan Pasar Tanah Abang. Kami sudah berkirim surat kepada mereka (PT KAI)," kata Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017). 

Pria yang lebih akrab disapa Sandi itu mengaku telah memiliki konsep terkait penataan kawasan Pasar Tanah Abang untuk jangka menengah. Dia pun berencana untuk mempresentasikannya kepada PT KAI. 

"Untuk penataan kawasan Pasar Tanah Abang, kami sudah punya konsepnya, sudah matang, sudah ciamik. Kami berharap PT KAI bersedia untuk bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta," ujar Sandi. 

Rencananya, dia menuturkan, presentasi untuk PT KAI nanti akan disampaikan dalam bentuk tiga dimensi atau 3D. Dalam presentasi tersebut, akan ada visualisasi mengenai pergerakan manusia di kawasan Pasar Tanah Abang. 

"Di dalam presentasi itu nanti akan kami tampilkan visualisasi traffic manusia di kawasan Tanah Abang. Kami akan menata kawasan tersebut dengan tidak menghilangkan ratusan ribu pelaku usaha mikro yang ada disana," tutur Sandi. 

Dia mengungkapkan konsep utama penataan kawasan Pasar Tanah Abang adalah memuliakan para pejalan kaki, sekaligus memastikan tetap tersedianya lapangan pekerjaan bagi masyarakat. 

"Konsep utamanya adalah konsep kolaborasi dari multi stakeholder. Selain memuliakan pejalan kaki dan memastikan lapangan kerja tetap ada, kita juga harus mendorong ekonomi akar rumput dan memastikan seluruh sistem transportasi terintegrasi satu sama lain," ungkap Sandi.(ant)


0 Komentar