Sabtu, 05 Agustus 2017 15:51 WIB

Kentang Semut, Jajanan Khas Dieng yang Bikin Kangen

Reporter : Bili Achmad Editor : Hendrik Simorangkir
Jajanan Khas Dieng Kentang Semut. (Foto: Bili)

BANJARNEGARA, Tigapilarnews.com - Berkunjung ke tempat wisata, tak pas rasanya jika tak mencicipi makanan atau jajanan khasnya. Termasuk jika Anda berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sebagai daerah penghasil kentang terbaik di pulau Jawa, tidak mencicipi kentang Dieng rasanya wisata Anda kurang lengkap.

Salah satu jajanan olahan kentang yang bisa Anda nikmati yakni kentang semut. Kentang berukuran kecil yang diberi bumbu pedas manis ini banyak dijajakan di berbagai kawasan wisata Dieng.

Kentang semut cocok sekali dinikmati ketika pagi atau malam hari saat udara semakin dingin. Harganya pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp 3 ribu sampai 5 ribu Anda bisa menikmati kentang dengan porsi yang cukup mengenyangkan.

Sebutan kentang semut sendiri diperoleh warga dari ukurannya yang kecil dan manis. 

"Disini kentang berlimpah, ukurannya macam-macam, ada yang besar (L), sedang (M), dan kecil (S), nah yang S itu diolah jadi kentang semut," ujar pedagang kentang semut, Ani (30) kepada Tigapilarnews.com di kawasan wisata Bukit Sikunir, Sabtu (5/8/2017).

Di lokasi yang sama, salah seorang wisatawan asal Tangerang, Ghazali (27) mengaku menyukai cita rasa yang ditawarkan kentang semut. "Enak, kentangnya empuk, cocok untuk kondisi dingin begini," kata Ghazali. 

Selain kentang semut, olahan kentang lainnya yang banyak dijajakan yakni kentang goreng bumbu, kentang rebus, dan keripik kentang.


0 Komentar