Selasa, 25 Juli 2017 13:40 WIB

Polisi Sebut Ada 72 Pelabuhan Tikus di Kalbar

Editor : Sandi T
Kapolda Provinsi Kalimantan Barat, Irjen Erwin Triwanto. (ist)

PONTIANAK, Tigapilarnews.com - Kapolda Provinsi Kalimantan Barat, Irjen Erwin Triwanto menyebutkan ada sebanyak 72 pelabuhan tikus di provinsi ini, sehingga sangat rawan menjadi pintu masuk penyelundupan, salah satunya narkotika.

"Sebanyak 72 pelabuhan tikus ini tentu menjadi atensi kami untuk mengantisipasi masuk narkotika ke Kalbar," kata Erwin, saat berkunjung ke Singkawang, Senin (24/7/2017) kemarin.

Erwin juga meminta bantuan peralatan teknologi informasi (IT) yang diperlukan kepada Presiden RI untuk memudahkan pihaknya melakukan pengawasan pada 72 pelabuhan tikus tersebut.

Menurutnya, penjagaan di pelabuhan tikus sangat berbeda dengan pelabuhan resmi yang penjagaannya dilakukan sangat ketat oleh aparat dengan segala peralatannya termasuk dengan penggunaan anjing pelacak.

"Sementara pelabuhan-pelabuhan tikus praktis tidak dijaga oleh aparat," ujarnya lagi.

Dia sangat berharap permintaan bantuan peralatan IT ini bisa mendapatkan respons guna mengantasipasi narkotika masuk ke wilayah Kalbar.

Kapolres Singkawang AKBP Sandi Alfadien Mustofa menegaskan perang terhadap narkoba. "Kami sangat intens dan tidak main-main dalam mengungkap kasus penyalahgunaan narkotika," kata Sandi.

Bahkan, ujarnya, pemantauan masuk narkoba tersebut tidak hanya dilakukan pada jalur darat, tapi juga pelabuhan. "Kemarin kami sudah melakukan pemantauan masuk narkotika di perairan seperti pelabuhan," ujarnya pula.

sumber: antara


0 Komentar