Rabu, 05 Juli 2017 17:03 WIB

Raja Arab Saudi dan Presiden Brasil Batal Hadiri KTT G20 di Jerman

Editor : Hendrik Simorangkir
Salman bin Abdulaziz al-Saud. (foto istimewa)

BERLIN, Tigapilarnews.com - Pemerintah Jerman menyatakan Raja Arab Saudi Salman batal menghadiri KTT G20 pada pekan ini di Hamburg, saat Riyadh terlibat sengketa diplomatik dengan Qatar. 

Ketidakhadiran Raja Salman (81) akan digantikan oleh Menteri Keuangan Arab Saudi Mohammed al Jadaan.

"Pemerintah menerima pemberitahuan resmi bahwa Raja Salman tidak akan menghadiri KTT G20," ujar juru bicara pemerintah Jerman kepada AFP, Rabu (5/7/2017).

Pemimpin Arab Saudi tersebut semestinya menghadiri pertemuan dengan para pemimpin negara-negara maju dan berkembang terbesar dunia yang tergabung dalam G20, Jumat (7/7/2017) dan Sabtu (8/7/2017). 

Menurut AFP, Delegasi Arab Saudi menyewa seluruh kamar hotel mewah Vier Jahreszeiten (Four Seasons) di Hamburg untuk raja dan delegasi menginap.

Arab Saudi dan sekutunya Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir terlibat sengketa diplomatik dengan Qatar, memutuskan hubungan udara, laut dan darat dan memutus rute penting untuk impor termasuk makanan.

Mereka menuduh Doha mendukung ekstremisme Islam dan terlalu dekat dengan rival regional mereka yaitu Iran, dan Qatar membantah keras semua tudingan itu.

Kepala negara lain yang dilaporkan tidak akan hadir pada KTT G20 adalah Presiden Brasil, Michel Temer, yang mendapat tekanan dalam kasus penyuapan.

 

Sumber: antara


0 Komentar