Jumat, 30 Juni 2017 15:56 WIB

Ini Langkah untuk Antisipasi Virus Petya

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Danang Fajar

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta kepada pengelola teknologi informasi di berbagai intitusi agar mengantisipasi bahaya virus Petya di Indonesia.

"Pengelola TI harus menonaktifkan atau mencabut jaringan Lokal/LAN sementara sampai dipastikan semua aman dan lakukan back up data ke storage terpisah," ujar Rudiantara, lewat keterangan persnya, Jumat (30/6/2017).

Selain itu, setelah melakukan langkah-langkah diatas. Pihak TI harus meningkatkan kewaspadaannya dengan melakukan."Backup Data, gunakan sistem operasi yang orisinal dan update secara berkala, install Antivirus dan update berkala, gunakan password yang aman dan ganti berkala," katanya.

Rudiantara menegaskan kepada penyedian layanan publik, masyarakat dan khususnya yang menunjang layanan mudik lebaran 2017 agar terus menjaga kewaspadaan sistem elektroniknya dari walware. 

"Permintaan juga ditujukan ke pengatur sektor dan pelaku sektor pada sektor-sektor strategis nasional lainnya," ungkapnya.

"Lalu mulai sekarang dilakukan pengecekan kembali tatakelola manajemen data dan informasi terkait dengan mekanisme recovery dan juga berkenaan dengan identifikasi, klasifikasi dan otorisasi pemakaian data," jelasnya.


0 Komentar