Selasa, 20 Juni 2017 01:48 WIB

Mudik Gratis Diharapkan Tekan Angka Kecelakaan

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Yusuf Ibrahim
Mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (foto Ryan Suryadi/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sebanyak 971 orang memanfaatkan mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Mereka memanfaatkan KM Dobonsolo dengan tujuan ke Semarang, Jawa Tengah. "Kalau di sini kita lihat ada KM Dobonsolo yang akan ke Semarang yang mengangkut arus mudik. Tadi ada motor sekitar 461 unit dan penumpang sebanyak 971 orang," kata Kasudinhub Jakut, Benhart Hutajulu, di lokasi usai meninjau, Senin (19/06/2017).

Dia menyambut positif dengan adanya kegiatan mudik gratis ini. Sebab, adanya mudik gratis lewat jalur laut ini dapat mengurangi jumlah sepeda motor yang dipakai warga.

"Jadi kita ucapkan terima kasih sekali karena Pelni sudah memfasilitasi mudik gratis sehingga mengurangi beban jalan raya. Karena sebagaimana kita ketahui di darat lebih besar potensi kecelakaannya ini," ujarnya.

Dia berharap layanan ini dapat semakin diminati masyarakat. "Kalau di sini bisa istirahat, kapalnya bersih, dapat dilayani. Semoga ke depan dapat lebih diminati lagi," tuturnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Cabang Pelni Tanjung Priok, Masrul, berpendapat hal yang sama. Dia berharap dengan semakin meningkatnya minat warga menggunakan fasilitas mudik gratis dapat menekan angka kecelakaan di jalan.

"Jadi tahun 2016 tidak ada. Tapi tahun ini muncul lagi. Intinya, kita berharap dengan adanya pengalihan kendaraan yang biasanya lewat darat lalu dialihkan ke laut paling tidak dapat mengurangi tingkat kecelakaan," ucap Masrul.

KM Dobonsolo ini melayani sebanyak empat kali perjalanan mudik menuju Semarang. Perjalanan dilakukan dari tanggal 17 sampai 23 Juni 2017 yang ditargetkan dapat membawa sebanyak 5.000 penumpang.

"Rata-rata kalau lihat culture masyarakat kita biasanya H-3. Karena masyarakat kita hampir 80 persen pekerja. Mereka harus disesuaikan dengan izin cuti dahulu," ungkapnya.

Dalam mudik gratis ini, perjalanan KM Dobonsolo berangkat setiap pukul 16.00 WIB. Syarat yang harus dipenuhi bagi warga yang ingin mengikuti mudik gratis ini ialah dua orang penumpang dewasa dengan satu anak, memiliki surat-surat seperti STNK, SIM, KTP dan KK serta hanya membawa satu unit motor.(exe)


0 Komentar