Minggu, 11 Juni 2017 14:57 WIB

Krisis Qatar Dikhawatirkan Jadi Masalah Global

Editor : Yusuf Ibrahim
Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim mewanti-wanti krisis yang terjadi antara Qatar dan sejumlah negara Teluk bisa menjadi masalah global jika tidak segera diselesaikan.

Turki sejauh ini adalah pihak yang mendukung Qatar. "Area masalah baru yang mungkin dibuat di sini (di Qatar) tidak akan terbatas di wilayah ini. Risiko masalah ini menjadi masalah global sangat tinggi, karena sifat geostrategis daerah," ucap Yildirim, seperti dilansir Trendz pada Minggu (11/06/2017).

Yildirim kemudian meminta pihak-pihak yang terlibat dalam ketegangan tersebut untuk bertindak secara bertanggung jawab, dan berkontribusi untuk mengurangi ketegangan daripada meningkatkannya.

Dia juga mengatakan, Turki telah melakukan lebih banyak upaya untuk mengurangi ketegangan. "Kami sedang bernegosiasi dengan para pemimpin semua negara di kawasan Timur Tengah, dan dengan rekan-rekan diplomatik kami dan meminta para pihak untuk tenang," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan berjanji untuk terus mendukung Qatar setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dengan emirat kecil itu atas tuduhan mendanai organisasi teroris.

Erdogan “menceramahi” Saudi bahwa sebagai penjaga Dua Masjid Suci seharusnya mempersatukan saudara-saudara Muslim-nya, bukan mengucilkan.

Pemimpin Turki ini lantas mendesak Arab Saudi, sebagai negara terbesar dan terkuat di Teluk, untuk meredam ketegangan dan mencabut sanksi atau embargo terhadap Qatar.(exe/ist)


0 Komentar