Jumat, 09 Juni 2017 11:27 WIB

Jelang Mudik 2017, Dinkes Karawang Siagakan Posko Kesehatan

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi Pos Kesehatan. (ist)

KARAWANG, Tigapilarnews.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang menyiagakan puskesmas, pos kesehatan, dan rumah sakit di perlintasan jalur mudik wilayah Karawang sebagai upaya pencegahan terjadinya masalah kesehatan pemudik.

Pemerintah Kabupaten Karawang menyiagakan 50 puskesmas, di mana 12 puskesmas diutamakan untuk jalur Pantura dan sisanya sejumlah 38 puskesmas difungsikan untuk membantu pos-pos kesehatan di jalur mudik wilayah Karawang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Yuska Yasin mengatakan, sebanyak 19 pos kesehatan juga disiagakan pada mudik 2017.

"Total pos kesehatan ada 19 pos, dua Pos Kesehatan Lebaran Utama disiagakan di Tanjung Pura dan Jomin, 17 Pos Kesehatan Lebaran Bantu disiagakan di seluruh jalur mudik wilayah Karawang," ujar Yuska, Jumat (9/6/2017).

Dinkes Kabupaten Karawang juga menyiagakan rumah sakit yang paling dekat dengan tol di wilayah Karawang, yaitu rumah sakit Rosela, RSUD Cipto, dan Mandaya. Selanjutnya, di gerbang tol Karawang Timur disiagakan RS Fikri, Lira Medika, dan di gerbang tol Dawuan ada RS Karya Husada, Saraswati dan Sentul.

Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, Kementerian Kesehatan Gita Maya Koemara Sakti Soepono menjelaskan, Kementerian Kesehatan telah menginstruksikan kepada seluruh dinas kesehatan provinsi, kabupaten/kota agar mengirimkan surat kepada rumah sakit swasta untuk mendukung kesehatan pemudik.

"Kita jemput bola melayani masyarakat," tandas Gita saat meninjau persiapan mudik Lebaran 2017 di kantor Dinkes Kabupaten Karawang.

 

Sumber: antara


0 Komentar