Jumat, 09 Juni 2017 08:14 WIB

Gowes Pesona Nusantara Datangi Kota "Peradaban Papua"

Editor : Yusuf Ibrahim
Gowes Pesona Nusantara hadir di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. (foto istimewa)

JAKARTA Tigapilarnews.com- Perhelatan Gowes Pesona Nusantara di Indonesia bagian Timur kini hadir di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Wondama merupakan daerah yang baru berumur empat tahun melalui pemekaran Kabupaten Manokwari berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2002.

Wondama bisa dibilang sebagai kota "Peradaban Papua", karena di pada 1925 telah berdiri sekolah pertama di Papua. Sekolah tersebut dibangun oleh Pengkabaran injil asal Jerman.

Daerah yang berluas kurang dari 15 ribu km itu dengan penduduk sekitar 25 ribu jiwa tersebut antusias menyambut perhelatan ini meski hanya memiliki satu jalan protokol. Hal tersebut diungkapkan I Nyoman Winata selaku Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan kesehatan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Perhelatan yang menyita perhatian warga setempat ini akan berlangsung pada Sabtu (10/06/2017) sore waktu setempat di alun-alun Wasior. Event ini akan mengambil rute menuju tanah peradaban dan kembali ke alun-alun. Rully Nere, legenda hidup sepak bola nasional asal Papua juga turut memeriahkan acara tersebut.

"Gowes Pesona Nusantara dibagian timur Indonesia kini sudah sampai di Kabupaten Teluk Wondama, meski diwilayah ini penduduknya tak banyak, namun tak mengurangi animo warga setempat untuk menyemarakan acara ini. Yang terpenting adalah kampanye kita mengajak masyarakat untuk berolahraga tercapai," tutur I Nyoman Winata.

Seperti biasa, bagian terpenting dari perhelatan Gowes Pesona Nusantara ini selain berolahraga adalah terus mempertebal rasa nasionalisme terhadap NKRI dan rasa cinta terhadap Tanah Air, untuk itu Nyoman mengatakan jika penyatuan Tanah dan Air asli Wondama nantinya akan dilakukan langsung di Tanah Peradaban.

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Bupati Wondama, Bernadus Imburi dan Wakil Bupati (Paul Indubri) yang sangat mensuport kegiatan ini. Skenarionya, Tanah dan Air asli Wondama itu akan diberikan ke pengurus gereja setempat, kemudian diserahkan ke pada Bupati yang kemudian diterima oleh pihak Kemenpora untuk disatukan dengan dari daerah lainnya dan akan dijadikan monumen Tanah Air di Jawa Tengah," terang Nyoman.

Ia juga menyebutkan bahwa hadiah fantastis disediakan oleh panitia lokal untuk para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. "Panitia menyediakan doorprize seperti halnya sepeda motor dan lainnya untuk warga setempat yang ikut berpartisipasi," urainya.

Nyoman menyebut jika keindahan alam Wondama tak kalah bagusnya terhadap keindahan di alam Papua lainnya.

"Wisata bahari di Wondama tak kalah bagus seperti di lokasi lainnya yang ada di Papua, seperti halnya di pulau Auto. Jadi program Ayo Olahraga melalui Gowes Pesona Nusantara ini kita tak hanya bicara soal olahraga saja, namun coba untuk lebih memperkenalkan pariwisata di daerah-daerah yang disambangi oleh Gowes Pesona Nusantara," pungkas Nyoman.

Secara singkat, Rully Nere menyambut positif kampanye Kemenpora dengan tagline Ayo Olahraga melalui Gowes Pesona Nusantara ini. Menurutnya melalui berolahraga, selain jasmani sehat akan membuat bangsa ini juga semakin kuat, solid dalam NKRI.(exe/ist)


0 Komentar