Kamis, 08 Juni 2017 09:51 WIB

Dekan FMP UNHAN Tegaskan Pentingnya Kerja Sama Keamanan dan Pertahanan ASEAN-Uni Eropa

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Amarulla Octavian saat melakukan seminar di Roma, Italia (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan), Amarulla Octavian menegaskan pentingnya kerja sama keamanan dan pertahanan antara negara-negara anggota ASEAN dan Uni Eropa.

Penegasan tersebut disampaikan pada hari ketiga seminar saat bertindak sebagai pembicara dari ASEAN dalam paparan yang berjudul “Indonesia Ocean Policy: ASEAN and European Union Opportunities.”

"Kerja sama ini merupakan kontribusi positif untuk mempertahankan stabilitas keamanan di kawasan Asia Pasifik," tegas Octavian dalam seminar yang diselenggarakan di di Roma, Italia, Rabu (7/6/2017).

Lanjut, melalui seminar yang diselenggarakan European External Action Service (EEAS) dan European Security and Defence College (ESDC) itu, Octavian juga membahas visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dalam konstelasi politik internasional. 

Para peserta seminar berjumlah sekira 40 orang itu kemudian menyambut baik gagasan pemerintah Indonesia sesuai Kebijakan Kelautan Indonesia sebagaimana dimuat dalam Perpres nomor 16 tahun 2017 itu.

"Berbeda dengan kebijakan ASEAN, maka Uni Eropa melaksanakan operasi bersama tersebut menggunakan pendekatan keamanan untuk mengatasi human trafficking daripada melihatnya dengan pendekatan kemanusiaan sebagai persoalan refugee atau asylum seeker," tutupnya.


0 Komentar