Kamis, 01 Juni 2017 07:51 WIB

Tudingan AS Terhadap Iran Dianggap Tak Berdasar

Editor : Yusuf Ibrahim
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnes.com- Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan tudingan Amerika Serikat (AS) terhadap Iran tidak berdasar.

AS menyebut Iran sebagai sumber terorisme dan merupakan negara pendukung teroris. Zakharova menuturkan, Moskow sudah sering melakukan kerjasama dengan Teheran dalam melawan terorisme global.

Karena itu, pernyataan AS yang menyebut Iran sebagai pendukung terorisme menjadi hal yang sangat tidak berdasar.

"Ini (tuduhan AS terhadap Iran) tidak membantu menstabilkan situasi. AS menuduh Iran mendukung terorisme, sementara Moskow telah bekerja sama erat dengan Teheran dalam perang melawan terorisme di Timur Tengah. Kami telah mengadakan konsultasi aktif dengan Iran dalam proses Astana," ucap Zakharova, seperti dilansir Tass, Rabu (31/05/2017).

Terkait dengan pertemuan Astana, Zakharova menyatakan pihaknya sudah berkali-kali mengundang AS untuk terlibat dalam pembicaraan tersebut. Namun, sayangnya undangan itu tidak direspon dengan baik.

"Kami pernah lebih dari sekali mengundang AS untuk terlibat penuh dalam kegiatan ini karena kerja praktis dapat membantu mengakomodasi kekhawatiran yang dimiliki AS. Mereka (AS) lebih fokus pada melemparkan tuduhan kepada pihak alih-alih melakukan kerja praktek, dimana hal itu tidak akan mengarah ke manapun," tukasnya.(exe/ist)


0 Komentar