Rabu, 31 Mei 2017 21:31 WIB

RI-Selandia Baru Perkuat Kerja Sama Pertahanan

Editor : Rajaman
Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu. (poto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Indonesia bersama dengan Kementerian Pertahanan Selandia Baru berkomitmen memperkuat kerja sama pertahanan.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan hal itu saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Selandia Baru Mark Mitchell di Kantor Kemhan, Rabu (31/5/2017).

"Pertemuan dengan Menhan Mark baru pertama kali ini adalah bagian dari upaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara terutama dalam bidang pertahanan," kata Ryamizard. 


Kedua negara, kata Ryamizard, sepakat memperkuat hubungan bilateral pertahanan mencakup, kunjungan bilateral dan pertukaran militer, saling kunjung kapal perang, dan latihan bersama antara TNl dengan angkatan bersenjata Selandia Baru. Selain itu, pertukaran informasi intelijen dalam bidang pertahanan termasuk di dalamnya pertukaran informasi, pelatihan dan kunjungan studi pertahanan kedua negara.

"Kerja sama pertahanan di bidang pendidikan dan pelatihan bagi personel pertahanan kedua negara. Sekaligus membicarakan pertahanan secara rutin," ucap mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini.

Tak hanya itu, juga disepakati kerja sama pertukaran pengalaman dalam operasi pasukan perdamaian PBB. Kemudian, pertahanan logistik dalam mendukung kegiatan bilateral yang disepakati bersama. 

"Kita juga berupaya meningkatkan dan memperluas interaksi antar budaya militer kedua negara. Serta penyediaan bantuan darurat/operasi militer selain perang dan kerja sama pertahanan di bidang-bidang Iainnya," kata Ryamizard.

Kedua Menteri Pertahanan mendorong penuh kunjungan Kapal HMNZS Te Kaha ke Jakarta, dan kunjungan KRl Banda Aceh untuk menghadiri Perayaan Ulang Tahun Angkatan Laut Selandia Baru ke-75 dan the ASEAN Defence Ministers Meeting-Plus Maritime and Counter Terrorism Exercise Mahi Tangaroa.

"Kunjungan ini memperkuat hubungan pertahanan bilateral yang positif, yang juga mencakup pelatihan dan pendidikan antara Indonesia dan Angkatan Bersenjata Selandia Baru dan pembicaraan mengenai pertahanan yang regular antara Kementerian Pertahanan kedua negara," tuturnya.

Kedua menteri pertahanan juga sepakat bahwa Indonesia dan Selandia Baru memiliki kepentlngan bersama dalam keamanan dan kemakmuran kawasan Asia Pasifik dan menekankan pentingnya arsitektur kerangka keamanan regional, seperti ASEAN Defense Ministers 'Meetlng-Plus, untuk membangun kerja sama kepercayaan dan keamanan regional.

sumber: antara


0 Komentar