Minggu, 28 Mei 2017 13:09 WIB

Utang Negara Melejit, Pengamat : Profitisasi BUMN Jadi Solusi

Reporter : Bili Achmad Editor : Danang Fajar
Tokoh Perhimpunan Negarawan Indonesia, Johan Silalahi (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Tokoh Perhimpunan Negarawan Indonesia, Johan Silalahi mendorong pemerintah mengoptimalkan profitisasi BUMN sebagai solusi utang negara yang terus meningkat.

Seperti diketahui, utang negara per 30 April 2017 mencapai Rp 3.667 triliun atau meningkat Rp 201 triliun dari utang pada bulan Desember 2016.

"Pemerintahan Jokowi-JK perlu bekerja keras untuk menggerakkan seluruh sektor pendapatan negara yang bukan berasal dari pajak. Salah satunya adalah pemberdayaan dan profitisasi seluruh BUMN yang dimiliki bangsa Kita," kata Johan dalam keterangan persnya, Minggu (28/5/2017).

Profitisasi BUMN itu, dijelaskan Johan, dapat ditempuh melalui beberapa cara diantaranya melalui pengamanan aset BUMN dari kejahatan kerah putih yang bisa mendelusi aset.

"Langkah berikutnya yang perlu dilakukan pemerintahan Jokowi-JK adalah mendukung dan mengawasi Menteri BUMN beserta seluruh jajarannya untuk 'turun gunung' bekerja total," tambahnya.

Selain itu, pemerintah juga harus memberikan modal dan perlindungan kepada seluruh BUMN tanpa terkecuali.

"Sebagai langkah final paska pemberdayaan dan profitisasi seluruh BUMN Kita, bisa dijalankan langkah privatisasi atau penjualan sebagian saham BUMN yang semuanya sudah diprofitisasi hingga layak untuk 'go public'," pungkasnya.


0 Komentar