Jumat, 26 Mei 2017 13:45 WIB

Pasca Bentrokan, Layanan Internet di India Utara Diblokir

Editor : Sandi T
Ilustrasi. (ist)

NEW DELHI, Tigapilarnews.com - Pemerintah di salah satu kabupaten Negara Bagian Uttar Pradesh di India Utara telah memblokir layanan Internet telepon genggam setelah bentrokan antara anggota dua kasta yang berbeda.

Para pejabat mengatakan langkah tersebut dilakukan sebagai tindakan pencegahan guna mencegah menyebarnya desas-desus dan menghentikan orang luar menyelidiki kerusuhan di kabupaten itu.

"Internet telepon genggam telah diblokir untuk mencegah orang menggunakan media sosial dan layanan pesan yang berlandaskan Internet bagi penyebar desas-desus dengan tujuan menyelidiki kerusuhan," kata seorang pejabat polisi di Kabupaten Saharanpur sebagaimana dikutip dari Xinhua, Jumat siang (26/5/2017).

"Layanan tersebut dihentikan setelah instruksi dikeluarkan kepada penyedia layanan telepon genggam pada Rabu malam untuk memblokir layanan Internet," sambungnya.

Satu orang tewas dan beberapa orang lagi cedera pada Selasa malam, setelah satu truk yang membawa orang Dalit (kasta rendah) dilaporkan diserang oleh orang Thakurs (dari kasta yang lebih tinggi) di Kabupaten Saharanpur, sekitar 711 kilometer di sebelah barat-laut Lucknow, Ibu Kota Uttar Pradesh.

Menurut warga lokal, orang Dalit itu baru pulang setelah menghadiri pertemuan terbuka pemimpin mereka dan mantan menteri kepala Uttar Pradesh Mayawati.

Mayawati, pemimpin Partai Samaj Bahujan (BSP) India, partai yang memiliki dasar dukungan di Uttar Pradesh dan pengikut di kalangan jutaan orang Dalit.

Pada Rabu pagi, dua pemuda Dalit diserang dengan menggunakan pisau di kabupaten tersebut.

Polisi telah menahan dua lusin orang di kabupaten itu dan mengerahkan pasukan pemerintah dalam jumlah banyak untuk mengendalikan keadaan dan mencegah situasi bertambah parah. Pihak berwenang telah menskors kepala polisi kabupaten itu dan para pejabat lokal lain tak lama setelah kerusuhan.

"Sekarang situasi dapat dikendalikan," kata pejabat polisi setempat.

Perbedaan kasta, meskipun dilarang di dalam undang-undang dasar India, berurat-berakar di dalam masyarakat India, terutama di kota kecil dan desa.

sumber: antara


0 Komentar