Senin, 22 Mei 2017 16:31 WIB

Hadapi Bonus Demografi, Bappenas Fokus Pada Dua Isu Utama

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Bambang Brodjoengoro (dok/bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro menyampaikan dua isu yang akan difokuskan dalam menghadapi bonus demografi pada tahun 2030-2040.

Dua isu tersebut sesuai dengan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yakni isu tenaga kerja dan pendidikan.

Untuk isu tenaga kerja, Bambang telah menyiapkan empat strategi yang terus diimplementasikan. Pertama, harmonisasi standarisasi dan sertifikasi kompetensi melalui kerja sama lintas sektor, lintas daerah, lintas negara dalam kerangka keterbukaan pasar.

"Kemudian, kita akan mengembangkan program kemitraan antara pemerintah dan dunia industri untuk peningkatan kualitas tenaga kerja," ucap Bambang dihadapan sejumlah perwakilan negara saat dialog di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Ketiga, peningkatan tata kelola penyelenggaraan program pelatihan untuk mempercepat sertifikasi pekerja. Terakhir, perluasan skala ekonomi ke arah sektor dan sub-sektor dengan produktivitas tinggi.

"Untuk isu pendidikan, strateginya adalah melalui peningkatan akses, kualitas, relevansi pendidikan termasuk mengembangkan pendidikan kejuruan atau vokasi," jelas alumnus Universitas Indonesia itu.

Sekedar informasi, saat ini pemerintah tengah melaksanakan revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) guna menyesuaikan keterampilan lulusan dan kebutuhan industri.


0 Komentar