Sabtu, 20 Mei 2017 10:35 WIB

Manfaat Minum Teh Pagi Hari

Editor : Hermawan
ilustrasi.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pagi hari adalah saat nikmat untuk menikmati secangkir minuman yang hangat.

Biasanya, kopi adalah minuman utama yang jadi pilihan banyak orang untuk menambah semangat mereka sepanjang hari.

Orang-orang tergila-gila untuk minum kopi, tetapi mengapa coba menggantinya dengan teh? Padahal, teh adalah minuman yang bisa menenangkan Anda saat sedang ingin bersantai. Teh juga punya kafein yang bisa memberi semangat lebih kepada Anda saat butuh dorongan ekstra.


Menurut Huffington Post, berikut 9 alasan Anda harus minum teh setiap harinya dibanding kopi.


1. Praktis
Dibandingkan kopi, proses pembuatan teh sebenarnya jauh lebih mudah. Terutama jika dibandingkan dengan pembuatan kopi cara profesional. Hanya tinggal ambil teh celup dan air panas. Celup-celup sebentar lalu siap dinikmati.



2. Menjaga tulang tetap sehat
Kabar gembira bagi Anda, menikmati teh bisa memberi khasiat sama seperti minum susu. Bagi para orang lanjut usia, konsumsi teh hijau bisa mengurangi risiko patah tulang karena osteoporosis.

Minum teh hijau mengandung senyawa katekin, senyawa bioaktif EGCG yang berperan untuk memperkuat tulang.



3. Mengatasi bau mulut
Minum teh ternyata juga bisa membantu Anda mengatasi masalah bau mulut. Jika Anda mengalami masalah halitosis (bau mulut), ada baiknya Anda mulai minum teh hitam tanpa gula.

Menurut penelitian dari University of Chicago College of Dentistry, teh hitam mengandung senyawa kimia yang disebut polifenol. Bahan aktif ini akan menghambat pembentukan bakteri penyebab plak dan bau mulut. Polifenol juga akan menurunkan tingkat produksi asam dalam mulut yang membantu mencegah penyakit periodontal.



4. Menenangkan perasaan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akar teh valerian akan membantu membuat Anda mudah tertidur dan merasa tenang. Dalam sebuah penelitian di Jerman, sekitar 202 orang dewasa menggunakan ekstrak teh ini sebagai obat anticemas. Hasilnya mereka mengaku merasa lebih tenang, tidur lebih berkualitas, dan istirahat dengan baik.



5. Meredakan alergi musiman
Jika Anda termasuk salah satu orang yang menderita alergi musiman, mulailah hari Anda dengan menikmati secangkir teh jelatang. Menurut penelitian, secangkir teh dari daun jelatang kering akan meredakan alergi. (ist)


0 Komentar