Kamis, 18 Mei 2017 18:45 WIB

Puasa, Tangerang Batasi Jam Buka Tempat Hiburan

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi tempat hiburan malam tutup selama Ramadan. (ist)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Aparat Satpol PP Kabupaten Tangerang, menyampaikan surat edaran yang membatasi jam buka restoran dan tempat hiburan selama bulan puasa demi kenyamanan umat yang menjalankan ibadah.

"Sebaiknya restoran buka mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB dan tidak boleh siang hari," kata Kepala Seksi Ketertiban dan Ketentraman Satpol PP Kabupaten Tangerang, Zamzam Manohara, Kamis (18/5/2017).

Zamzam mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi kepada pemilik restoran dan tempat hiburan menyangkut operasional keduanya.

Lanjutnya, pihaknya berupaya untuk mengundang pemilik restoran maupun pengelola tempat hiburan agar mereka dapat memahami himbauan tersebut.

Sebagai pihak yang ditugaskan Pemkab Tangerang dalam mengawasi Peraturan Daerah (Perda) maka terhadap restoran yang buka siang hari tidak dapat dikenakan sanksi penyegelan atau mencabut izin usaha.

"Kami hanya memberikan teguran dan menutup sementara usaha selama puasa, karena menyangkut izin adalah kewenangan dari aparat Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP)," jelasnya.

Zamzam menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat Polresta Tangerang dan Kodim setempat untuk pengamanan bila masih ada restoran dan tempat hiburan yang buka siang hari.

"Menjelang puasa hingga mendekati Lebaran 2017, kami secara rutin mengelar operasi penertiban," ujarnya. 

Ia mengharapkan agar pihak berkepentingan untuk dapat mematuhi surat edaran tersebut. Selain itu, diperlukan peran serta warga untuk melaporkan bila ada restoran dan tempat hiburan yang buka sebelum jam yang telah ditentukan selama Ramadan.

"Untuk memastikan agar restoran dan tempat hiburan malam tetap tutup pada siang hari, maka diperlukan pengawasan oleh aparat kantor kecamatan setempat karena sebagai pihak yang mengetahui tentang situasi dan kondisi daerah masing-masing," pungkasnya.


0 Komentar