Rabu, 17 Mei 2017 13:54 WIB

Performa Teco Buruk, Nama Rahmat Darmawan Mencuat untuk Tangani Persija

Editor : Hendrik Simorangkir
Pelatih Persija Stefano ‘Teco’ Cugurra. (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Performa Persija Jakarta hingga pekan keenam kompetisi Liga 1 belum memperlihatkan geliat. Alhasil wacana menggaet Rahmad Darmawan (RD) untuk memoles Macan Kemayoran kembali menguat. 

Di bawah asuhan Stefano ‘Teco’ Cugurra, Persija baru mendulang lima poin. Lima pertandingan diraih dengan hasil kurang memuaskan dan hanya di laga pembuka Persija meraih kemenangan saat bentrok dengan Persiba Balikpapan. 

Kemenangan yang terjadi di laga pembuka Liga 1 2017 sempat memunculkan ekspektasi tinggi Persija akan tampil apik musim ini. Namun, apa yang terjadi, secara perlahan performa Ismed Sofyan dkk ambruk. Diawali dengan ditahan imbang Barito Putera 1-1, setelah itu Persija menelan tiga kekalahan beruntun di kompetisi tertinggi Tanah Air itu.

Diawali dengan digasak tuan rumah PSM Makasaar dengan skor tipis 0-1 pada 30 April. Kekalahan dengan skor yang sama kembali terjadi di dua pertandingan lanjutan saat diterkam Madura United dan dipermalukan Persela Lamongan. 

Bisa ditebak, hasil minor ini pun langsung memancing reaksi tak sedap dari The Jak. Setelah muncul tagar #TecoOut dilanjutkan dengan teriakan serupa dari The Jakmania saat Persija ditahan imbang Mitra Kukar, kini sosok pengganti jika Teco dipecat sudah muncul. 

Salah satu yang kencang terdengar adalah RD, sosok pelatih yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi Persija. RD sudah tiga kali menukangi Persija, yaitu pada periode 2006, 2010/2011, dan terakhir 2014/2015.

Persija adalah klub terakhirnya di Indonesia sebelum memutuskan berkarier di Malaysia. Pelatih kelahiran Lampung itu tercatat sebagai pelatih T-Team di Kompetisi Malaysia Super League sejak 2015 lalu. Menanggapi ada permintaan seperti itu, Direktur Persija Gede Widiade buka suara. 

"Oh tidak itu (terkait Rahmad Darmawan). Saya tidak berpikir panjang soal itu. Saya kalau mendengarkan suporter, yang ini minta RD, yang itu minta pelatih lainnya. Jika ditotal, bisa sampai delapan nama. Biarkan kami putuskan bersama-sama," ujar Gede.

Meski manajemen Persija membantah adanya kemungkinan RD disiapkan sebagai penggantinya, Teco juga tidak bisa tenang begitu saja. Pelatih asal Brasil itu diberikan batas waktu untuk bisa mengangkat kembali penampilan Persija, setidaknya kembali membawa Persija meraih kemenangan.

Sebelumnya manajemen Persija sudah menegaskan bakal mengambil keputusan terkait kelanjutan Teco di posisi pelatih setelah tiga laga seraya menargetkan empat poin dari tiga laga itu. Satu laga kini sudah terlewati.

"Sebenarnya itu bukan ultimatum, tapi target profesional. Evaluasi tetap kami lakukan dan keputusan final setelah melawan Perseru. Kami akan menunggu setelah pertandingan itu," pungkasnya.

Selanjutnya Persija akan menjamu Bali United pada Minggu (21/5/2017) dan tujuh hari kemudian menyambangi markas Perseru Serui. (ist)


0 Komentar