Senin, 01 Mei 2017 10:54 WIB

May Day, Buruh Jakarta Timur Gelar Aksi Sosial

Reporter : Rachmat Kurnia Editor : Sandi T
Buruh gelar aksi sosial di Jakarta Timur. (foto: Ahmed)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Umumnya pada hari May Day para buruh melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran untuk menuntut kebijakan yang dirasa memberatkan buruh kepada pemerintah.

Namun berbeda dengan masa buruh di Jakarta Timur, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur, para buruh melakukan serangkaian aksi kemanusian, mulai dari pengobatan gratis, gerak jalan, santunan anak yatim, bazar dan doorprize yang diadakan di Lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Timur.

Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Timur, Atok Baroni Hidayat mengatakan, kegiatan buruh yang dilakukan berbeda dengan kegiatan aksi buruh ditempat lain.

"Kita punya konsep, kita (pemerintah), Pengusaha, Pekerja, menginginkan hari buruh tidak perlu turun ke jalan, ke Istana Negara. Kita semua tidak menginginkan hal itu, yang kita semua inginkan, mereka berkumpul di satu titik, dan melakukan kegiatan yang berguna bagi masyarakat banyak," kata Atok, di acara May Day Jakarta Timur, Senin (1/5/2017).

Atok berharap kegiatan yang diikuti ribuan buruh dari Jakarta Timur dapat terus dilakukan setiap tahun agar massa buruh tidak turun ke jalan.

"Kita bukan mau melarang massa buruh turun ke jalan, silahkan saja turun ke jalan, tapikan lebih baik melakukan kegiatan sosial. Dan sesuai arahan pak Walikota Jakarta Timur, tahun depan kegiatan seperti ini harus lebih meriah lagi," kata Atok.

Atok mengakui cukup kesulitan untuk mengumpulkan buruh seluruh Jakarta Timur agar mau berkumpul di halaman Pemkot Jakarta Timur.

 Awalnya cukup sulit kita kumpulkan mereka, butuh waktu 3 bulan, dan mendekati hari H, akhirnya para buruh sepakat untuk melakukan kegiatan di sini," pungkasnya.


0 Komentar