Senin, 17 April 2017 14:44 WIB

Panwaslu Jakut Temukan Penyimpanan Ratusan Paket Sembako di Tanjung Priok

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hendrik Simorangkir
Paket sembako diduga kampanye hitam ditemukan Panwaslu Jakut di Tanjung Priok

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sebanyak 20 paket sembako berisi mie instan, beras, sarden, dan minyak goreng disita Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jakarta Utara, dari kediaman Waode Jumianah di gang 19 RT 12/14 No.18, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Senin (17/4/2017) sekira pukul 02.00 WIB.

Paket itu diduga merupakan kampanye hitam salah satu Tim Sukses (Timses) Pasangan Calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta bernomor urut dua.

Ketua Panwaslu Jakarta Utara, Ahmad Halim mengatakan, sebanyak 20 paket sembako itu merupakan bagian dari 355 paket sembako yang akan disebarkan kepada masyarakat. Seorang pelaku, Destiawan (35) juga diamankan saat berada dikediaman Waode Jumianah.

"Ada masyarakat yang melaporkan sebelumnya. Alasan tak seluruh paket sembako dibagikan lantaran sudah dibuat pernyataan antar pelaku dan Panwaslu Jakarta Utara," ujar Halim saat ditemui di kantor, Senin (17/4/2017).

Diamankannya paket sembako dan pelaku itu, dia menjelaskan, agar tidak mempengaruhi pilihan masyarakat saat hari Pilkada, Rabu (19/4/2017). Alasan hanya disita 20 paket sembako lantaran sudah dibuatkan perjanjian untuk tak lagi menyebarkannya lagi. 

"Sisanya masih disimpan di kediaman pemilik rumah. Jika terbukti paket sembako berkurang, maka akan dikenakan sanksi," ungkapnya.

Halim menjelaskan, pihaknya akan membawa kasus ini kepada tingkat pembahasan Tim sentral Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu) Jakarta Utara. Namun, kasus akan didorong pada kasus pelanggaran kampanye hitam.

"Untuk proses awal, kita lakukan pencegahan terlebih dahulu. Agar masyarakat tidak menjadi korban kampanye hitam," pungkasnya.

Diwartakan sebelumnya, Panwaslu Jakarta Barat juga menemukan enam mobil berisikan sembako yang diduga dari pasangan Ahok-Djarot di sebuah pabrik kardus, Rt 009/04, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (16/4/2017) malam.


0 Komentar