Senin, 17 April 2017 13:01 WIB

TNI Amankan Perlengkapan Pertanian Ilegal dari Malaysia

Editor : Sandi T
TNI Amankan sejumlah barang ilegal. (ist)

PONTIANAK, Tigapilarnews.com - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 131/Braja Sakti kembali mengamankan sebuah truk yang mengangkut perlengkapan pertanian dari Malaysia.

"Pada Sabtu kemarin, Satgas Pamtas yang bertugas berhasil mengamankan kendaraan truk di Jalan Lintas Malindo Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau," kata Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Tri Rana Subekti di Sungai Raya, Senin (17/4/2017).

Truk bermuatan perlengkapan pertanian itu, ditangkap dalam sebuah penyisiran yang dilakukan oleh anggota Pos Kotis yang dipimpin oleh Pasiops Satgas Lettu Inf Septyan Dwi Nuryadi pada Kamis, 13 April 2017 pukul 10.45 WIB

Saat itu, kendaraan Truk jenis Colt Diesel Nopol DA 1717 BF yang dikemudikan oleh warga berinisial RH (50) melintasi wilayah perbatasan. "Mobil berikut muatan diamankan, karena tidak dilengkapi dokumen resmi," kata Tri Rana.

Ketika dilakukan pemeriksaan dalam truk ditemukan racun rumput masing-masing Regen 50 Sc (17 jerigen), Oil Palm (15 botol), Ally 20 Dp (13 botol), monster (2 jerigen), Activator (4 botol), Oil Palm special (2 bungkus), racun serangga Regent 80 Wg (95 sachet), minyak makan (39 Kg), rokok (250 bungkus), senjata tajam (10 bilah), gula (131 Kg), tepung (56 Kg), dan milo sebanyak 106 bungkus.

Saat dimintai keterangan oleh Satgas Pamtas, RH menuturkanbarang-barang tersebut dibawa melalui jalan tikus, untuk dikirim ke Kecamatan Batu Licin Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, selanjutnya dikirim menuju Makasar, Sulawesi Selatan, menggunakan kapal laut.

"Saat ini, untuk barang bukti sudah kita serahkan kepada Bea & Cukai Entikong, untuk diproses lebih lanjut," kata Tri Rana.

sumber: antara


0 Komentar