Kamis, 13 April 2017 12:19 WIB

Puluhan Aktivis Papua Desak Bawaslu RI Usut Pelanggaran Pilkada Lanny Jaya

Reporter : Bili Achmad Editor : Danang Fajar
Puluhan aktivis Papua melakukan aksi di depan gedung Bawaslu Jakarta Pusat meminta Bawaslu mengungkap kasus kecurangan Pilkada Lanny Jaya (Foto: Bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Puluhan Gerakan Mahasiswa & Masyarakat Lanny Jaya yang tergabung dalam Gema Laya menggelar aksi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jakarta Pusat, Kamis (13/4/2017). 

Aksi tersebut menuntut Bawaslu RI agar mengusut tuntas seluruh temuan dan laporan masyarakat atas pelanggaran Pilkada Kabupaten Lanny Jaya, Papua. 

Kordinator aksi, Feri Kogoya mengatakan, pelanggaran tersebut meliputi tahapan dan proses pemilu, Temuan Tindak Pidana Pemilu, Pelanggaran Kode etik dan  Penyelenggara Pemilu.

Feri menegaskan pihak Bawaslu RI Harus Netral, Adil,  Profesional , Transparan & Akuntabel , Terhadap penanganan Kasus Pilkada Lanny Jaya.

"Saya melihat di sini kecurangan dan pelanggaran Pilkada di Kabupaten Lanny Jaya di lakukan secara terencana, terstruktur, dan massif.  Namun melibatkan banyak komponen mulai dari penyelenggara pemilu, ASN serta perangkat lainnya," ujar Feri, di lokasi.

Feri mengungkapkan, rakyat Lanny Jaya Butuh Keadilan dan kejelasan, dalam kasus laporan masyarakat  ke Bawaslu yang selama ini tidak di hiraukan.

"Kamu mau pecat dan adili Aparatur Negeri Sipil yang tidak netral dan berpihak  pada salah satu paslon Bupati yang jelas terlibat tindak Pidana pemilu. Copot dan tangkap segera Panwaslu Kabupaten Lanny Jaya dan Panwaslu Provinsi Papua yang terlibat tindak pidana pemilu," tegas Feri.

Selain itu, para peserta aksi juga meminta segera tangkap dan adili pelaku politik uang pilkada Lanny Jaya yang secara terbuka dan terang-terangan bahkan ditemukan barang bukti yang jelas, kuat dan nyata.


0 Komentar