Rabu, 12 April 2017 12:51 WIB

Wiranto: Meski Dijamin Kebebasan Pers, Jurnalis Harus Seimbang

Editor : Danang Fajar
Wiranto (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com -  Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengatakan perlu keseimbangan antara, Pemerintah, Aparat dan Jurnalis.

"Antara Birokrat, Aparat dan Jurnalis, semua perlu keseimbangan, ketiganya ini harus mengetahui, hak serta kewajiban mereka masing-masing," kata Wiranto di acara Forum Kordinasi dan Konsultasi "Kekerasan Terhadap Wartawan Saat Menjalankan Tugas Jurnalistik, di Halim Perdana Kusuma, Jakarta, rabu (12/4/2017) siang.

Wiranto melanjutkan dari ketiganya antara Jurnalis, Aparat dan Birokrat dalam menjalankan hak dan kewajibanya sangat dilematis. Contohnya Pers, di UU nomor 40 Tahun 1999 tentang kebebasan pers, dimana jurnalis wajib memberikan informasi seutuh-utuhnya kepada masyarakat.

"Kadang saya liat sangat dilematis, contoh kasus ketika ada pesawat tergelincir di Halim,  wartawan dilarang meliput, padahal menurut TNI AU itu sangat membahayakan, karena takut bahan peledak atau bahan bakar yang masih ada di pesawat meledak, namun di satu sisi itu katanya melemahkan pers, padahal tidak seperti itu, makanya antara TNI AU dan Pers ketika meliput, punya hak dan kewajiban, tapi harus dijalankan secara seimbang," kata Wiranto.

Wiranto melanjutkan kekerasan terhadap rekan jurnalis bukan suatu hal yang terecana, namun karena menjalankan tugas,hak dan kewajibam mereka.

"Dalam kasus yang tadi, mereka bukan melarang, tapi mengingatkan akan adanya bahaya. Makanya saya berharap jika media juga punya kesadaran akan hal tersebut," pungkasnya.


0 Komentar