Selasa, 11 April 2017 21:40 WIB

Pelatih AS Monaco Pesimis Hadapi Dortmund

Editor : Yusuf Ibrahim
Leonardo Jardim. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pengalaman akan memegang peranan penting saat Borussia Dortmund menjamu AS Monaco di Liga Champions.

Ini membuat tuan rumah sedikit lebih diunggulkan. Ini dibenarkan pelatih AS Monaco, Leonardo Jardim. Dia menilai Les Monegasques akan sulit meraih kemenangan pada leg pertama babak perempat final di Signal-Iduna-Park, Rabu (12/4/2017).

Jardim menyebut Dortmund lebih diuntungkan ketimbang Monaco. Maklum, wakil Bundesliga itu sering meramaikan Liga Champions. Selama lima musim terakhir, armada Thomas Tuchel empat kali tampil, dan pernah masuk final pada 2012/2013.

Sedangkan Monaco baru sekali ikut serta pada periode yang sama, yakni di edisi 2014/2015. Itu juga terhenti di perempat final. Pencapaian terbaik utusan Ligue 1 itu jadi runner-up pada 2003/2004.

“Keunggulan Borussia Dortmund adalah pengalaman di kancah internasional dan skuat yang lengkap. Kami harus mewaspadai kualitas mereka saat bertahan. Harus ada keseimbangan,” ucap Jardim, dilansir skysport.

Jardim juga menilai skuat Dortmund cukup mumpuni. Tuan rumah punya Pierre-Emerick Aubameyang yang sejauh ini menghasilkan tujuh gol di Liga Champions, atau total 32 gol. Bomber asal Gabon itu sudah 25 kali merobek gawang lawan di Bundesliga.

Dortmund bisa makin menyeramkan karena sedang mencari pelampiasan setelah dihajar Bayern Muenchen 1-4 di kompetisi domestik. Ini diperparah rekor Shinji Kagawa dkk saat menjadi tuan rumah.

 Dortmund belum terkalahkan disemua laga kandang musim ini. Bahkan delapan jamuan terbarunya berujung kemenangan, termasuk melumat Hamburger SV 3-0 di Bundesliga. Lalu di Liga Champions pernah mencukur Benfica empat gol tanpa balas. 

Apa yang dimiliki Dortmund diyakini Jardim bisa menyulitkan pasukannya. Terlebih catatan tiga laga tandang terbaru Monaco di Liga Champions cukup buruk, yakni satu imbang dan dua kalah. Selain itu, pasukannya belum pernah bertemu dengan Die Borussen.

 Meski demikian, jardim enggan mengibarkan bendera putih. “Tidak mudah bermain dengan penuh intensitas tiap hari. Saya belum tahu apakah ada tim yang mengikuti kulifikasi ketiga dan bisa lolos ke perempat final. Kami bertanding lebih banyak dari tim lain. Sedikit demi sedikit kami kian matang,” ucap Jardim.

Monaco bisa berharap dapat pulang sambil tersenyum karena punya modal dua kemenangan beruntun di semua kompetisi, yakni kontra Lille OSC (2-1) dan Angers SCO (2-1). Tapi, senjata utama tim tamu adalah pulihnya Radamel Falcao yang sudah mencatat empat gol di Liga Champions.

“Kembalinya Radamel Falcao sangat penting demi mendatangkan kualitas dan pengalaman. Kami mencoba bermain dengan segenap kekuatan demi meraih hasil terbaik. Kami harus tampil sesuai DNA, yakni ofensif dan disiplin saat bertahan,” pungkas Jardim.(exe/ist)

Perkiraan pemain
Borussia Dortmund: 4-1-4-1
Burki (g): Schmelzer, Bartra, Sokratis, Piszczek; Weigl; Dembele, Guerreiro, Castro, Pulisic; Aubameyang
Pelatih: Thomas Tuchel

AS Monaco: 4-4-2
Subasic (g): Mendy, Glik, Jemerson, Raggi; Lemar, Fabinho, Bernardo, Dirar; Falcao, Mbappe.
Pelatih: Leonardo Jardim
Lima pertandingan terakhir


0 Komentar